Find and Follow Us

Senin, 16 September 2019 | 01:49 WIB

AnTuTu Kini Bisa Uji Performa AI Smartphone

Oleh : Ibnu Naufal | Selasa, 29 Januari 2019 | 14:00 WIB
AnTuTu Kini Bisa Uji Performa AI Smartphone
(ist)
facebook twitter

INILAHCOM, Beijing - AnTuTu adalah salah satu aplikasi pembandingan smartphone terpopuler, dengan lebih dari 100 juta unduhan di seluruh dunia. Kini mereka mencoba untuk mengukur kinerja perangkat ke kategori baru: kecerdasan buatan (AI).

Seperti yang terlihat oleh XDA-Developers, AnTuTu baru saja mengumumkan AI Review, suite benchmarking baru yang bertujuan untuk mengukur kinerja AI smartphone.

Ini tersedia dalam versi beta publik, dan terdiri dari dua tes --tes klasifikasi gambar dan tes pengenalan objek-- yang mendukung akurasi dibandingkan dengan kecepatan.

Tes pertama berisi 200 gambar berdasarkan jaringan saraf Inception v3 sementara tes kedua meninjau video 600-frame berdasarkan jaringan saraf SSD MobileNet.

Gambar-gambar ini kemudian dimasukkan ke dalam SDK yang disediakan oleh vendor smartphone dan jika chip tersebut tidak mendukung algoritma AI, benchmark menggunakan TFLite untuk benchmarking. Namun, skenario kedua sangat tidak bisa diandalkan pada saat itu.

Skor akhir dibentuk oleh kecepatan dan ketepatan tes, tetapi jika akurasi ditukar dengan kecepatan, benchmark akan memberikan skor yang lebih rendah.

Logikanya adalah bahwa ini mencegah kecurangan di mana ponsel akan membaca gambar dengan sangat cepat tanpa jawaban yang benar.

AnTuTu juga menunjukkan bahwa skor AI di seluruh platform yang berbeda tidak akan banyak bedakan karena alat ini hanya berfokus pada kinerja AI dan bukan kinerja sistem secara keseluruhan.

Selain itu, Samsung belum merilis AI SDK-nya sementara HiSilicon masih menggunakan TFLite untuk beberapa fungsi, sehingga ponsel-ponsel itu akan mendapat skor lebih rendah dari yang seharusnya untuk saat ini.

Dan yang terakhir, versi Android mungkin memiringkan hasilnya karena Google sedang berupaya meningkatkan fungsi AI pada tingkat sistem dengan setiap rilis Android.

Tes benchmark masih awal dalam tahap pengembangannya, tetapi Anda selalu dapat mengujinya sendiri. Perlu diingat bahwa AI nyata adalah semacam hal baru dan kompleksitas solusi perangkat keras dan perangkat lunak yang bekerja bersama tidak boleh diabaikan.

Komentar

Embed Widget
x