Find and Follow Us

Selasa, 23 Juli 2019 | 02:08 WIB

GoJek Diguyur Rp13 T dari Google, Tencent, JD.com

Senin, 28 Januari 2019 | 19:19 WIB
GoJek Diguyur Rp13 T dari Google, Tencent, JD.com
(Foto: techcrunch)

INILAHCOM, San Francisco - Google, Tencent dan JD.com dilaporkan resmi menyuntikkan dana investasi sekitar USD920 juta (Rp13 triliun) ke GoJek.

Laporan ini berasal dari tiga sumber yang dihimpun TechCrunch. Kesepakatan itu kabarnya akan diumumkan perusahaan pekan depan.

Pendanaan baru itu akan mengantarkan valuasi GoJek menjadi US$9,5 miliar. Modal ini juga kemungkinan akan semakin mendorong kehadiran GoJek di daerah baru serta memperkuat bisnis fintech-nya. Sayangnya startup Tanah Air itu belum bersedia menanggapi kabar investasi ini.

Sebelumnya GoJek telah mengumpulkan pendanaan lebih dari US$2 miliar dari investor, termasuk putaran pendanaan US$1,4 miliar yang ditutup tahun lalu. Putaran pendanaan baru ini juga akan semakin mendorong Gojek untuk menjadi startup decacorn pertama di Indonesia.

Kesepatakan itu juga kemungkinan akan digunakan untuk mengakuisisi bisnis JD.ID, rekanan bisnis JD.com, senilai lebih dari USD1 miliar.

Jika hal ini benar-benar dilakukan, maka akuisisi JD.ID tak hanya akan membuat pengaruh JD.com semakin kuat di GoJek, namun juga memberikan GoJek posisi yang kuat di ruang e-commerce.

Tahun lalu, GoJek berekspansi ke Vietnam, Thailand, dan Singapura. Baru-baru ini perusahaan mengakuisisi Coins.ph sebagai tawaran untuk memasuki pasar Filipina. Di negara itu Gojek telah mencatatkan rekor 125 juta unduhan dengan lebih dari satu juta mitra pengemudi.

Komentar

x