Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 Maret 2019 | 10:23 WIB

Xiaomi Mi A2 Lite: Tenaga Juara, Baterai Istimewa

Oleh : Ibnu Naufal | Jumat, 25 Januari 2019 | 03:03 WIB

Berita Terkait

Xiaomi Mi A2 Lite: Tenaga Juara, Baterai Istimewa
(inilahcom)

TAK dipungkiri, smartphone telah menjadi lebih dari sekadar alat komunikasi, tapi juga bagian gaya hidup. Begitu banyak pilihan smartphone di pasaran, namun Anda perlu teliti serta melihat smartphone yang sesuai dengan fungsi dan kebutuhan Anda.

Jadi, saat Anda menimbang untuk membeli atau mengganti ponsel, carilah informasi spesifikasi dan fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Istilahnya, smartphone yang 'Anda banget'.

Memang, di luar sana smartphone sudah banyak beredar, makin hari semua produsen seperti berlomba-lomba menampilkan produk-produk berkualitas dan tentunya dengan harga yang bervariasi. Semakin bagus spesifikasinya, biasanya akan semakin mahal harganya.

Tetapi, yang jadi pertanyaan adalah bagaimana bisa mendapatkan smartphone bagus dengan harga yang terjangkau?

Nah, sebenarnya tak perlu bingung untuk memilih produk smartphone yang bagus dengan harga terjangkau. Kuncinya adalah smartphone yang akan kita beli dapat dinikmati sebagai smartphone dengan segala keunggulannya.

Seperti kualitas layar, resolusi yang dimiliki, prosesornya yang besar, tampilan grafis layar dari smartphone tersebut yang mumpuni, baterai yang tahan lama, teknologi yang digunakan, sistem operasi terbaru, dan terakhir adalah harganya.

Oleh karena itu, Xiaomi memahami kebutuhan konsumennya dengan menciptakan generasi terbaru, yakni Xiaomi Mi A2 Lite.

Untuk mengetahui keunggulan dari smartphone ini, berikut review Xiaomi Mi A2 Lite untuk Anda.

Desain dan Layar: Kekinian Maksimal

Xiaomi Mi A2 Lite adalah ponsel yang ikut mengikuti tren kekinian. Anda bisa langsung melihat poni layar atau notch begitu menyalakannya.

Selain notch, Xiaomi Mi A2 Lite memiliki dimensi bodi 149,33 x 71,68 x 8,75 mm dan bobot 178 gram. Balutan warna hitam di tepi hingga ke belakang terasa sangat lembut dan nyaman untuk digenggam.

Ponsel ini mengusung dimensi layar 5,84 inci dengan Full View 19:9 menjadikannya lebih nyaman saat bermain game dan membuka aplikasi.

Agar dapat menikmati pengalaman visual yang lebih baik, Xiaomi menghadirkan kerapatan layar 432 piksel per inci dan kecemerlangan warna NTSC 84 persen. Tidak lupa, layar kaca 2,5D membuatnya tampil lebih kinclong.

Untuk resolusi layarnya sendiri Full HD+ (1080 x 2280 piksel) menjadikan visibilitas layar tergolong baik, pengguna dapat melihat konten dengan jelas baik di kondisi terang maupun gelap.

Mengusung konsep bezel-less, Xiaomi Mi A2 Lite memiliki rasio layar ke bodi sebesar 75 persen. Rasio ini membuat Anda masih bisa melihat bingkai layar pada bagian bawah. Desain poni juga dirancang proporsional agar tetap bisa menampilkan notifikasi penting.

Satu hal yang menarik adalah indikator LED kecil yang biasanya ada di atas layar, kini berada di bawah layar. Indikator ini berfungsi sebagai notifikasi aplikasi dan status pengisian baterai.

Beralih ke bodi belakang, Xiaomi Mi A2 Lite mengusung desain khas Xiaomi. Terdapat dua lensa kamera yang tersusun vertikal di sisi kiri atas pemindai sidik jari dengan bentuk melingkar di sisi tengah, dan motif garis yang biasanya untuk antena pada sisi atas dan bawah.

Smartphone ini juga dilengkapi dengan lapisan warna yang cukup keren.

Performa: Mumpuni di Kelasnya

Xiaomi Mi A2 Lite sudah dibekali dengan chipset yang cukup andal yakni Octa-core 2 GHz Qualcomm Snapdragon 625 dan grafis Adreno 506.

Dengan dukungan RAM 4GB plus penyimpanan internal 64GB yang tentunya makin mendongkrak akselerasi ketika digunakan untuk menjalankan fungsi multitasking.

Untuk performa lewat aplikasi, Xiaomi Mi A2 Lite tergolong mumpuni di kelasnya. Hal ini dibuktikan dengan aplikasi tambahan untuk mengujinya.

Mi A2 Lite mendapatkan nilai 79.594 dari hasil pengujian menggunakan AnTuTu Benchmark. Kemudian dengan menggunakan Geekbench 4, skor yang diperoleh adalah 824 untuk single-core, 4.087 untuk multi-core, dan 3.472 untuk compute.

Sedangkan pada 3Dmark, pengujian Sling Shot mendapat nilai 863, 463 untuk Slong Shot Extreme OpenGL dan 412 untuk Sling Shot Extreme Vulkan.

Selain itu, pengujian dengan PCMark mendapatkan nilai 4.703, 5.483, 2.430, dan 2.731 untuk Work 2.0 Performance, Work Performance, Computer Vision, dan Storage secara berturut-turut.

Di luar pengujian benchmark, kami pun mengujinya melalui proses multitasking dari aplikasi satu ke aplikasi lain bisa diolah dengan baik oleh smartphone ini. Aplikasi standar seperti menumpuk banyak sosial media, browsing, chatting, dan gaming bisa ditangani oleh perangkat ini tanpa masalah.

Satu lagi yang menjadi kunci performa Xiaomi A2 lite adalah operating system (OS) Android Murni. Keunggulan lain perangkat ini adalah area ruang simpan yang benar-benar bersih dari aplikasi pra instalasi yang sebetulnya tidak dibutuhkan pengguna.

Dengan OS tersebut, Xiaomi Mi A2 Lite dari segi performa dan penggunaan sehari-hari tampil sangat ringan. User interface-nya walaupun terkesan polosan khas Android Murni, namun itu adalah keunggulannya.

Baterai: Daya Tahan Unggulan

Walaupun dibandrol dengan harga terjangkau, kapasitas baterai yang ditawarkan oleh Xiaomi Mi A2 Lite tidaklah kecil. Dengan kapasitas baterai 4000mAh, Anda dapat melakukan aktivitas berat tanpa henti selama kurang lebih 10 jam.

Pada pengujian baterai yang kami lakukan, smartphone ini memperlihatkan manajemen daya yang cukup baik.

Kami menguji smartphone menggunakan web browsing, smartphone ini mampu bertahan hingga 10 Jam 56 menit.

Lalu untuk penggunaan normal seperti penggunaan internet aktif, bermain game, akses multimedia, serta beberapa aplikasi media sosial dan instant messaging, baterai ponsel ini masih bisa bertahan hingga lebih dari 24 jam.

Bahkan, untuk kondisi standby dengan internet menyala, Xiaomi Mi A2 Lite bisa bertahan selama lebih dari dua hari untuk sekali pengisian baterai.

Untuk pengisian ulang baterai dengan daya 4000mAh berdasarkan pengalaman kami, Xiaomi Mi A2 Lite membutuhkan waktu selama kurang lebih 120 menit untuk waktu pengecasan dari nol persen hingga full.

Kesimpulan

Xiaomi Mi A2 Lite merupakan salah satu smartphone yang menawarkan price-performance ratio terbaik. Performa yang ditawarkan sangat baik dengan prosesor Qualcomm populer.

Dari sisi harga, smartphone yang dibanderol mulai dari Rp2.499.000 dengan baterai besar seperti ini, tentu cukup menggiurkan.

Jika yang Anda cari adalah sebuah smartphone dengan performa memadai dan masih relatif ramah di kantong, ditambah lagi dengan desain yang kece dengan performa baterai yang oke, Xiaomi Mi A2 Lite adalah pilihan yang tepat. [Adv]

Komentar

x