Find and Follow Us

Selasa, 23 April 2019 | 17:27 WIB

China Operasi Bedah Jarak Jauh dengan Jaringan 5G

Oleh : Ibnu Naufal | Selasa, 15 Januari 2019 | 20:20 WIB
China Operasi Bedah Jarak Jauh dengan Jaringan 5G
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Beijing - Layanan seluler berbasis 5G kian di depan mata. Sifatnya yang super cepat dan stabil akan memberikan dampak revolusi teknologi tahap selanjutnya di masa mendatang. Dan implementasi ini sudah mulai di lakukan di China di mana dokter bedah melakukan operasi jarah jauh melalui jaringan 5G.

Ubergizmo melansir, Menurut laporan lokal, peralatan bedah jarak jauh pertama di dunia yang menggunakan 5G berhasil diuji di China.

Tes tersebut melibatkan seorang dokter di provinsi tenggara Fujian yang mengeluarkan hati binatang uji laboratorium di lokasi terpencil. Dokter melakukan operasi dengan mengendalikan lengan bedah robotik melalui koneksi 5G.

Waktu jeda dikatakan hanya 0,1 detik antara perangkat kontrol dokter dan robot di ruang bedah. Para peneliti mengatakan bahwa kecepatan tinggi ini dapat mengurangi risiko kesalahan medis yang berpotensi mematikan. Mereka berharap operasi jarak jauh yang diaktifkan 5G akan segera menjadi cukup andal sehingga dapat digunakan dengan aman pada manusia juga.

Di masa depan, praktek pembedahan jarak jauh bisa diterapkan di daerah bencana atau rumah sakit kawasan terpencil yang tidak punya dokter ahli bedah.

Komentar

Embed Widget
x