Find and Follow Us

Senin, 22 Juli 2019 | 21:43 WIB

CES 2019

Google Assistant Terpasang di 1 Miliar Perangkat

Rabu, 9 Januari 2019 | 17:17 WIB
Google Assistant Terpasang di 1 Miliar Perangkat
(ist)

INILAHCOM, Las Vegas - Google Assistant diprediksi bakalan menyentuh angka 1 miliar pemasangan di berbagai perangkat pada akhir bulan ini. Hal tersebut diungkap Google pada gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2019 yang saat ini tengah berlangsung di Las Vegas, AS.

Mengutip BGR, angka 1 miliar perangkat yang dibekali Google Assistant bahkan lebih besar ketimbang kompetitor mereka di gelaran CES 2019, yakni Alexa dari Amazon. Disebutkan bahwa asisten pintar Alexa hanya berada sekitar 100 juta pemasangan saja.

Dalam sebuah wawancara dengan The Verge, Google membagikan beberapa capaian yang cukup penting untuk data Google Assistant yang baru dirilis itu. Google menyebut bahwa pengguna aktif asisten virtual ini tumbuh empat kali lipat dalam setahun terakhir.

Bahkan angka 1 miliar perangkat hingga akhir bulan ini merupakan peningkatan 500 juta perangkat pada pengumumannya Mei tahun lalu.

Vice President Product Google Assistant Manuel Bronstein mengungkapkan, kesuksesan asisten pintar milik Google ini yang akan hadir pada 1 miliar perangkat akhir Januari nanti, sebagian besar berkat jumlah smartphone Android yang sangat masif. Hal tersebut tentu saja membuat jarak yang cukup besar dengan basis pemasangan Alexa.

"Rekam jejak terbesar kami saat ini ada di smartphone. Pada perangkat Android, kami memiliki jejak yang sangat-sangat besar," kata Bronstein.

Dia juga berpendapat bahwa speaker pintar serta perangkat rumah yang terhubung lainnya merupakan bagian penting dan akan terus berkembang menggunakan Google Assistant.

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah angka 1 miliar tersebut merupakan pemasangan jumlah perangkat yang dapat menjalankan Google Assistant. Hal tersebut berbeda dari jumlah perangkat yang menjalankannya secara aktif.

Selain menyebut bahwa pengguna Google Assistant tumbuh empat kali lipat selama kurun waktu setahun terakhir, Google tidak membeberkan datanya yang lebih rinci.

Sekadar informasi, Google Assistant diluncurkan pada 2016 silam pada smartphone milik mereka, yakni Pixel. Sejak itu, Google Assistant terus menyebar ke berbagai perangkat lainnya di luar smartphone, semisal smartwatch, speaker pintar, dan juga smart TV.

Komentar

Embed Widget
x