Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 18 Januari 2019 | 04:48 WIB

eSports di SEA Games 2019 Pertandingkan 6 Game

Rabu, 2 Januari 2019 | 01:01 WIB

Berita Terkait

eSports di SEA Games 2019 Pertandingkan 6 Game
(ist)

INILAHCOM, Manila - eSports termasuk salah satu cabang olahraga (cabor) yang bakal dipertandingkan dalam ajang SEA Games 2019 yang akan digelar di Filipina, 30 November hingga 11 Desember mendatang.

Komite Penyelenggara SEA Games 2019 atau Philippine SEA Games Organizing Committee (PHISGOC) pun akhirnya mengumumkan enam game yang akan dipertandingkan dalam eSports tersebut.

Dikutip dari Fox Sport, enam game tersebut adalah DOTA 2, Starcraft II, Tekken 7, Arena of Valor, Mobile Legends: Bang Bang, dan NBA2K19. Enam game ini disebutkan mewakili tiga jenis platform, yaitu PC, konsol, dan mobile.

Kemudian muncul pertanyaan, mengapa game-game yang kerap dipertandingkan di setiap gelaran eSports seperti Counter Strike: Global Offensive (CS:GO), Call of Duty (COD), Overwatch, dan PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) justru tidak dihadirkan dalam SEA Games 2019?

International Olympic Commitee (IOC) yang juga memiliki campur tangan dalam ajang kompetisi olahraga internasional tersebut menyatakan bahwa game-game yang dipertandingkan harus sejalan dengan nilai yang dijunjung oleh komite.

Dengan kata lain, game yang berisi konten kekerasan atau perjudian tidak diizinkan untuk dipertandingkan. Daftar game yang tidak dipertandingkan jelas menampilkan aksi kekerasan berupa penggunaan senjata.

Tentu saja kehadiran game Tekken 7 juga dipertanyakan karena turut menampilkan kekerasan fisik berupa perkelahian. Pihak PHISGOC beranggapan bahwa game tersebut menampilkan unsur bela diri sehingga sesuai dengan sudut pandang olahraga menurut IOC.

Adapun dominasi game bergenre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) sendiri dinilai karena genre game ini lebih populer dan sudah lama hadir di kawasan Asia Tenggara seperti game DOTA 2.

Sementara itu, Ketua Umum Indonesia eSports Association (IeSPA) Eddy Lim menuturkan bahwa pihaknya dan Kementerian Pemuda dan Olahraga menargetkan minimal membawa pulang dua medali emas dalam cabang olahraga Esports di SEA Games 2019.

Komentar

Embed Widget
x