Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 15 Desember 2018 | 10:18 WIB

Pekerja Amazon Keracunan Akibat Kesalahan Robot

Sabtu, 8 Desember 2018 | 01:01 WIB

Berita Terkait

Pekerja Amazon Keracunan Akibat Kesalahan Robot
(ist)

INILAHCOM, New Jersey - Sebanyak 24 pekerja dilarikan ke rumah sakit setelah satu robot secara tidak sengaja mengoyak kaleng semprotan pengusir beruang di sebuah gudang Amazon di AS.

Seorang pekerja dilaporkan dalam kondisi kritis sementara 30 lainnya segera mendapatkan pengobatan medis di lokasi ketika peristiwa itu terjadi pada Rabu (5/12/2018) di gudang pusat pengisian Amazon seluas 12 hektare di Kota Robbinsville, New Jersey.

Mengutip seorang pejabat kota, ABC News melaporkan bahwa para pekerja yang cedera dirawat di lima rumah sakit. Sebagian dari mereka mengalami gangguan napas serta rasa perih di mata dan tenggorokan.

"Satu mesin otomatis secara tidak sengaja merobek kaleng semprotan pengusir beruang seberat 9 ons, sehingga mengeluarkan gas bercaun berupa konsentrat Kapsaisin," kata John Nalbone, pejabat publik Kota Robbinsville, kepada media AS setelah penyelidikan resmi.

Sementara itu, seorang juru bicara Amazon mengatakan bahwa semua pekerja yang terdiri dari 3.000 orang di gudang itu telah dipindahkan ke tempat aman,

"Keamanan dari para pekerja selalu menjadi prioritas kami dan penyelidikan tengah dilakukan," kata juru bicara itu.

"Kami juga ingin berterima kasih pada semua pekerja emergensi yang membantu mengatasi keadaan darurat ini," imbuh dia.

Amazon menggunakan tangan robot Robo-Stow dan robot berbasis computer vision pada gudang mereka.

Para robot ini membantu para pekerja manusia melakukan berbagai tugas, mulai dari memindahkan barang-barang kecil dari satu bagian gudang ke bagian lain sampai mengeluarkan stok barang dari trailer.

Mereka juga mengadakan kompetisi untuk mencari robot yang bisa membantu mereka mengatasi masalah di pusat pengiriman barang mereka.

Selama ini, Amazon sering mendapatkan kritik terkait keadaan para pekerjanya. Menurut Dewan Nasional Keamanan dan Kesehatan Pekerja AS, Amazon merupakan salah satu tempat bekerja paling berbahaya untuk para pekerjanya.

Para ahli mengklaim bahwa robot industri yang bisa saling bekerja sama akan membuat lingkungan pekerjaan menjadi lebih aman karena mereka bisa mencegah berbagai masalah kesehatan pada para pekerja.

Namun, sama seperti manusia, robot juga bisa membuat kesalahan. Dalam beberapa kasus, kesalahan itu bisa menyebabkan kematian.

Komentar

x