Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 16 Desember 2018 | 06:36 WIB

YouTube Kini Punya Fitur Serupa Instagram Stories

Senin, 3 Desember 2018 | 16:16 WIB

Berita Terkait

YouTube Kini Punya Fitur Serupa Instagram Stories
(ist)

INILAHCOM, San Francisco - YouTube baru saja merilis sebuah fitur baru untuk pengguna, khususnya para content creator. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk merekam video pendek yang akan muncul dalam jangka waktu tertentu serupa dengan Instagram Stories.

Mengutip The Verge, meski hadir dengan fungsi serupa, fitur stories milik YouTube memiliki beberapa perbedaan dari Instagram Stories. Salah satunya adalah perbedaan jangka waktu video yang tayang pada sebuah akun.

Fitur milik YouTube ini memiliki jangka waktu dilihat lebih lama ketimbang Instagram Stories.

Jika video Instagram Stories hanya akan dapat dilihat dan muncul selama 24 jam, maka fitur milik YouTube ini dapat dilihat selama satu minggu. Setelah melewati jangka waktu tersebut, video akan hilang secara otomatis.

Perbedaan lainnya ada pada interaksi yang dapat dibangun pada stories milik YouTube ini. Para pengguna yang menonton video stories tersebut dapat saling membalas komentar secara langsung. Berbeda dengan komentar-komentar pada Instagram Stories hanya dapat dilihat lewat fitur Direct Message.

Video yang diunggah lewat stories di YouTube ini dapat disaksikan oleh pengguna lain, baik pengguna berlangganan channel tersebut maupun yang tidak. Video pendek itu juga akan muncul pada bilah 'up next' yang terdapat di sisi kanan dan dapat diputar secara otomatis.

Meski demikian, YouTube memberi syarat tertentu jika pengguna ingin menikmati fitur ini, yakni pengguna tersebut harus memiliki minimal 10.000 subscriber.

Selain itu, fitur ini baru bisa ditemukan pada aplikasi YouTube untuk smartphone, baik Android maupun iOS, dan belum dapat ditemukan pada versi website.

Kehadiran fitur anyar ini diharapkan dapat memberi keleluasaan bagi para content creator untuk bisa lebih dekat dengan para fansnya.

Meski demikian, masih belum diketahui apakah video yang diunggah pada fitur stories milik YouTube ini juga akan disisipi iklan atau tidak.

Komentar

x