Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 15 Desember 2018 | 09:44 WIB

OPPO Rajai Pasar Asia, Samsung Kuasai Eropa

Senin, 26 November 2018 | 16:16 WIB

Berita Terkait

OPPO Rajai Pasar Asia, Samsung Kuasai Eropa
(ist)

INILAHCOM, San Francisco - Memasuki kuartal ketiga (Q3) 2018, firma riset Counterpoint Research merilis pangsa pasar dari pengiriman smartphone global.

Mengutip GSM Arena, Counterpoint Research mencatat bahwa pengiriman smartphone pada Q3 2018 mencapai 380 juta unit. Angka tersebut turun 5 persen ketimbang periode yang sama pada tahun lalu.

Secara global, Samsung masih menjadi pemimpin pasar dengan raihan 19 persen, diikuti Huawei 14 persen, dan Apple 12 persen. Peringkat empat dan lima didominasi vendor asal China, yakni Xiaomi dan OPPO, yang sama-sama mengeruk 9 persen pangsa pasar.

Vendor asal China lainnya, Vivo dan Lenovo, membuntuti di posisi keenam dan ketujuh dengan masing-masing pangsa pasar 8 persen dan 3 persen.

Sementara itu, untuk pasar regional Asia, OPPO merajai pangsa pasar dengan raihan 16 persen. Huawei dan Vivo mengikuti di posisi kedua dan ketiga dengan sama-sama meraih 15 persen pangsa pasar. Posisi keempat ditempati oleh Xiaomi dengan pangsa pasar sebesar 14 persen.

Adapun Samsung, hanya mampu menempati posisi kelima untuk regional Asia dengan raihan 'hanya' 10 persen pangsa pasar.

Meski demikian, produsen asal Korea Selatan itu mampu menjadi penguasa di pasar regional Eropa dengan catatan 31 persen pangsa pasar.

Huawei berada di posisi kedua dengan pangsa pasar 22 persen dan disusul Apple 19 persen.

Xiaomi, yang merupakan pemain baru di Eropa, ternyata sudah mampu memiliki pangsa pasar sebesar 4 persen dengan menduduki posisi keempat.

Untuk pasar regional Amerika Utara, Apple masih menjadi raja dengan raihan 39 persen pangsa pasar. Diikuti Samsung dengan 26 persen pangsa pasar duduk di nomor dua.

LG masih menunjukkan pamornya di Amerika Utara dengan 17 persen pangsa pasar, yang menempatkannya di posisi ketiga. Disusul Lenovo di tempat keempat dengan pangsa pasar 8 persen.

Komentar

Embed Widget
x