Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 16 Desember 2018 | 06:36 WIB

Facebook Dipakai untuk Lelang Gadis 17 Tahun

Kamis, 22 November 2018 | 18:30 WIB

Berita Terkait

Facebook Dipakai untuk Lelang Gadis 17 Tahun
(ist)

INILAHCOM, San Francisco - Facebook kabarnya telah digunakan sebagai media untuk melelang seorang gadis di Sudan Selatan untuk mendapatkan mahar tertinggi.

Mengutip The Verge, unggahan terkait gadis 17 tahun ini dibuat pada 25 Oktober 2018. Namun, Facebook baru menghapusnya pada 9 November lalu, beberapa hari setelah sang gadis dikabarkan telah dinikahi.

Menurut juru bicara Plan International, grup aktivis hak perempuan, unggahan ini menjadi viral di Sudan Selatan.

"Jadi, siapapun yang memiliki Facebook di Sudan Selatan tahu tentang masalah ini sebelum dunia," kata mereka.

Masih belum diketahui mengapa Facebook membutuhkan waktu sangat lama untuk menghapus unggahan ini.

Juru bicara Facebook mengatakan bahwa semua jenis penjualan manusia --baik dalam bentuk unggahan, halaman, iklan, atau grup-- tidak boleh ada di Facebook.

"Kami menghapus semua unggahan dan memblokir akun pengunggah konten secara permanen. Kami selalu berusaha untuk memperbaiki metode yang kami gunakan untuk mengidentifikasi konten yang melanggar peraturan kami. Salah satunya dengan menggandakan tim keamanan kami hingga menjadi lebih dari 30 ribu orang dan mengembangkan berbagai teknologi," kata Facebook.

Di Sudan Selatan, pernikahan di bawah umur dilarang. Meski demikian, masih banyak orang yang melakukannya.

Ini adalah kali pertama Facebook digunakan untuk 'menjajakan' seorang gadis. Mahar dalam pernikahan ini adalah mahar terbesar di kawasan itu.

Para aktivis hak perempuan khawatir, besarnya mahar yang ditawarkan pria yang ingin 'membeli' istri dapat mendorong orang lain untuk melakukan perdagangan perempuan di Facebook.

Komentar

x