Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 12 Desember 2018 | 19:32 WIB

Tips Memotret dengan Xiaomi Redmi Note 6 Pro

Oleh : Ibnu Naufal | Kamis, 22 November 2018 | 10:30 WIB

Berita Terkait

Tips Memotret dengan Xiaomi Redmi Note 6 Pro
(inilahcom/Ibnu Naufal)

PADA 6 November lalu, Xiaomi resmi memboyong Redmi Note 6 Pro ke Indonesia. Smartphone ini merupakan seri anyar dari varian Redmi yang beredar resmi di Tanah Air.

Salah satu keunggulan yang dijagokan Redmi Note 6 Pro terletak di kemampuan fotografinya. Smartphone ini bahkan menjadi perangkat pertama Xiaomi yang disematkan empat buah kamera sekaligus yang didukung teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

Kemampuan fotografi Redmi Note 6 Pro didukung kamera ganda belakang dengan resolusi masing-masing 12MP (f/1.9) dan 5MP (f/2.2), yang didukung fitur Dual Pixel Autofocus dan EIS untuk merekam video. Sementara untuk kamera depannya, Xiaomi menyematkan kamera ganda yang masing-masing beresolusi 20MP (f/2.0) dan 2MP (f/2.2).

Xiaomi menyediakan fitur AI Portrait 2.0, yang memungkinkan pengguna mengambil foto dengan efek bokeh. Selain itu, pengguna juga bisa mengatur tingkat bokeh pada suatu foto yang telah diambil serta ada fitur AI Studio Lighting.

Redaksi INILAHCOM berkesempatan menjajal kemampuan kamera smartphone ini. Kami pun memiliki sedikit tips bagi Anda yang ingin memaksimalkan kamera cerdas Xiaomi Redmi Note 6 Pro.

1. Membuat bokeh lebih cermat

Xiaomi membekalinya dengan Portrait Mode untuk menciptakan efek bokeh. Cara penggunaannya kurang lebih sama dengan smartphone dual-camera Xiaomi lainnya, misalnya Mi A1.

Anda harus memberi jarak sekitar 1 hingga 2 meter dari objek foto jika ingin efek bokehnya bagus. Setelah itu, cukup arahkah fokus ke objek foto, dan background di belakangnya akan langsung blur. Mudah dan cepat.

Satu perbedaan yang paling terasa untuk kami adalah kemampuan kamera ganda ini menciptakan efek bokeh di kondisi cahaya yang agak temaram.

Jika Anda pernah memakai Mi A1, Anda pasti tahu bahwa menggunakan Portrait Mode saat low light adalah opsi yang tidak ideal. Noise-nya banyak dan ketajaman foto menurun drastis.

Pada Redmi Note 6 Pro, Anda akan merasakan peningkatan yang cukup signifikan.

Cara penggunaanya ketika masuk di layar kamera, Anda langsung saja memilih Potrait Mode di bagian bawah.

Kemudian untuk hasil yang maksimal, pastikan jarak objek foto Anda sekitar 2 sampai 2,5 meter. Lalu atur fokus dari objek dengan menekan layar untuk bagian yang diinginkan menjadi fokus.

Yang mesti diperhatikan dalam pengambilan foto mode portrait, yaitu intensitas cahaya. Pastikan kondisi cahaya di ruangan cukup agar hasil bokehnya maksimal. Itu mengapa ambil foto bokeh di outdoor lebih direkomendasikan dibanding di indoor.

Berikut hasil tangkapan INILAHCOM dengan mode portrait:

2. Pengaturan contrast dan saturation manual

Kamera Redmi Note 6 Pro juga memungkinan penggunanya untuk mengatur tingkat contrast dan saturation sesuai keinginan. Tujuannya agar mendapatkan ketajaman dan warna yang baik saat pengambilan foto.

Anda juga bisa mengatur keduanya sesuai keinginan dan kebutuhanmu, apakah butuh pengaturan rendah atau tinggi. Semua bergantung situasi dan kondisi pengambilan foto, seperti situasi indoor atau outdoor..

3. Pergunakan cahaya sekitar

Untuk menghasilkan foto yang bagus, Anda harus memahami tentang pencahayaan. Jangan mengambil foto tanpa memikirkan cahaya sekitar karena ini akan berdampak pada hasil foto.

Jika Anda mengambil foto dengan kamera menghadap cahaya, maka gunakan fitur HDR pada Redmi Note 6 Pro dengan tingkat yang sesuai.

Anda juga bisa menggerakkan smartphone untuk menentukan posisi yang bagus agar menghasilkan foto yang sempurna.

4. Edit foto

Jika foto yang dihasilkan masih kurang maksimal tak usah khawatir karena pada Redmi Note 6 Pro terdapat tools edit foto yang bisa ditemui pada galeri fotonya.

Anda cukup masuk ke 'ubah' foto, di sana terdapat berbagai macam tools seperti percantik, crop, sticker, teksmozaic.

Bahkan bagi Anda yang sudah memperbarui Redmi Noite 6 Pro ke versi anyarnya juga sudah dapat mengedit foto blur jadi semakin indah.


Komentar

Embed Widget
x