Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 12 Desember 2018 | 19:38 WIB

Gantikan Ghosn, Renault Tunjuk Pimpinan Sementara

Rabu, 21 November 2018 | 12:12 WIB

Berita Terkait

Gantikan Ghosn, Renault Tunjuk Pimpinan Sementara
(ist)

INILAHCOM, Paris - Dewan pengurus Renault telah menunjuk chairman sementara dan menyerahkan kekuasaan baru kepada CEO sementara menyusul penangkapan Carlos Ghosn oleh aparat berwenang Jepang di Tokyo.

Mengutip Reuters, direktur independen tertinggi dewan pengurus Renault, Philippe Lagayette, diberi mandat menempati posisi sebagai chairman sementara.

Sementara Thierry Bollore, yang merupakan pimpinan kedua di bawah Ghosn akan mengambil alih secara penuh kekuasaan perusahaan sebagai CEO sementara.

Pada pertemuan Selasa kemarin (20/11/2018), dewan pengurus Renault menahan diri untuk menggulingkan posisi Ghosn. Mereka masih menunggu informasi lebih lanjut tentang tuduhan yang muncul dari penyelidikan internal oleh mitra aliansi Nissan.

Seorang juru bicara Renault tidak segera menanggapi permintaan untuk berkomentar.

Baca juga: Aparat Jepang Tangkap Bos Nissan Carlos Ghosn
Baca juga: Penangkapan Ghosn Tak Pengaruhi Aliansi Nissan

Sebelumnya, diwartakan bahwa Nissan Motor Co dan Mitsubishi Motors Corporation (MMC) juga akan merekomendasikan untuk memecat Ghosn dari posisinya sebagai chairman.

Ghosn merupakan pemimpin aliansi Nissan, Renault, dan Mitsubishi. Pria kelahiran Porto Velho, Brasil, 64 tahun lalu itu ditangkap aparat berwenang Jepang atas dugaan melanggar instrumen keuangan berdasarkan laporan dari pihak Nissan.

Baca juga: Mitsubishi Akan Pecat Ghosn dari Posisi Chairman
Baca juga: Nissan dan Mitsubishi Siap Copot Jabatan Ghosn

Dia ditahan setelah diintrogasi oleh jaksa di Tokyo untuk beberapa kejanggalan termasuk soal laporan pendapatannya.

"Penyelidikan menunjukkan bahwa selama bertahun-tahun Ghosn telah melaporkan jumlah kompensasi di laporan Bursa Efek Tokyo kurang dari jumlah sebenarnya, dalam usaha mengurangi pengumuman angka kompensasinya," tulis pernyataan Nissan.

Komentar

Embed Widget
x