Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 12 Desember 2018 | 19:35 WIB

Nissan dan Mitsubishi Siap Copot Jabatan Ghosn

Rabu, 21 November 2018 | 10:10 WIB

Berita Terkait

Nissan dan Mitsubishi Siap Copot Jabatan Ghosn
(ist)

INILAHCOM, Tokyo - Aliansi Nissan-Renault-Mitsubishi bersiap-siap mencopot Carlos Ghosn dari jabatannya. Ketiga produsen otomotif dunia yang bergabung dalam sebuah aliansi besar itu akan segera menggelar rapat direksi untuk memutuskan nasib Ghosn.

Di Nissan dan Mitsubishi, Ghosn memegang jabatan sebagai Chairman. Dia menyerahkan posisi CEO Nissan kepada Hiroto Saikawa pada 2016 setelah aliansi Nissan-Renault mengakuisisi Mitsubishi. Sementara di Renault, Ghosn masih menjabat sebagai CEO sekaligus Chairman.

Baca juga: Aparat Jepang Tangkap Bos Nissan Carlos Ghosn

CEO Nissan Hiroto Saikawa akan segera meminta dewan direksi Nissan untuk mencopot jabatan Chairman dan Representative Director. Saikawa juga akan meminta dewan direksi Nissan untuk mencopot eksekutif Greg Kelly dari kursi direksi.

Demikian juga halnya dengan Mitsubishi. Dalam keterangan resminya, Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengatakan akan merekomendasikan untuk memecat Ghosn dari posisinya sebagai Chairman MMC.

Sementara Renault akan mengadakan rapat dewan direksi dalam waktu secepatnya.

Baca juga: Penangkapan Ghosn Tak Pengaruhi Aliansi Nissan

Ghosn dan koleganya di Nissan, Greg Kelly ditangkap oleh aparat berwenang Jepang di Tokyo setelah adanya laporan dari penyelidikan internal Nissan.

Hasil penyelidikan internal itu menunjukkan bahwa selama bertahun-tahun Ghosn dan Kelly telah melaporkan jumlah kompensasi di laporan Bursa Efek Tokyo kurang dari jumlah sebenarnya, dalam usaha mengurangi pengumuman angka kompensasi Ghosn.

"Selain itu, dalam hal pada Ghosn, banyak tindakan pelanggaran signifikan lainnya telah ditemukan, seperti penggunaan pribadi aset perusahaan, dan keterlibatan Kelly yang mendalam juga telah dikonfirmasi," kata pernyataan Nissan.

Baca juga: Mitsubishi Akan Pecat Ghosn dari Posisi Chairman

Ghosn merupakan orang penting di Nissan dan juga berperan sebagai bos besar aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi.

Ghosn lahir di Porto Velho, Brasil, 64 tahun yang lalu. Ia memiliki darah keturunan Lebanon dan merupakan warga negara Prancis. Ghosn memulai karirnya di Michelin, lalu pindah ke Renault, di mana ia mengawasi perputaran dari para pembuat mobil.

Pendekatan radikal Ghosn merestrukturisasi Renault hingga menjadikan perusahaan mendapatkan laba membuatnya mendapatkan julukan 'Le Cost Killer'.

Ghosn juga mendapatkan julukan 'Mr. Fix It' setelah menyelamatkan Nissan dari ancaman kebangkrutan pada 1999.

Pada 2016, Ghosn memimpin aliansi Renault-Nissan menyelamatkan Mitsubishi setelah diketahui melanggar regulasi di Jepang terkait angka efisiensi kendaraan.

Komentar

Embed Widget
x