Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 12 Desember 2018 | 19:38 WIB

Petinggi Facebook Harus Gunakan Smartphone Android

Jumat, 16 November 2018 | 20:20 WIB

Berita Terkait

Petinggi Facebook Harus Gunakan Smartphone Android
(ist)

INILAHCOM, San Francisco - CEO Facebook Mark Zuckerberg meminta tim manajemennya hanya menggunakan smartphone Android. Alasannya karena Android memiliki lebih banyak jumlah pengguna.

New York Times melansir, keputusan ini diambil setelah CEO Apple Tim Cook mengkritik Facebook dalam sebuah wawancara dengan menyebut bahwa jejaring sosial itu adalah layanan yang memperjualbelikan hidup pribadi pengguna.

Pada Maret lalu, Cook mendapatkan pertanyaan tentang apa yang akan dilakukannya jika dia adalah Zuckerberg, yang harus berhadapan dengan skandal penyalahgunaan data pengguna oleh Cambridge Analytica.

"Saya tidak akan ada di posisi itu," jawab Cook ketika itu.

Tak lama kemudian, dalam wawancara dengan Recode, Zuckerberg mengatakan bahwa jawaban Cook sangat tidak berbobot.

"Saya rasa penting bagi kita semua untuk tidak mengalami sindrom Stockholm dan membiarkan perusahaan yang berusaha keras untuk membuat Anda membayar ekstra meyakinkan Anda bahwa mereka peduli pada Anda. Karena itu terdengar konyol bagi saya," ujarnya.

Masih belum diketahui bagaimana komentar agresif Cook bisa mendorong Zuckerberg untuk melarang penggunaan iPhone di kalangan karyawannya. Namun, keputusan Zuckerberg untuk mendorong karyawannya menggunakan Android di AS masih merupakan keputusan yang cukup masuk akal.

Android adalah sistem operasi mobile yang domminan di berbagai kawasan di luar AS, termasuk di Amerika Selatan, Eropa, Rusia, Asia Selatan, dan beberapa bagian di Timur Tengah.

Keputusan Zuckerberg ini juga dinilai sebagai keputusan bisnis yang baik. Banyak perusahaan teknologi, seperti Snap Inc, yang mendorong pegawainya untuk menggunakan perangkat Android.

Masyarakat AS yang bekerja di industri teknologi biasanya menggunakan iPhone, yang menciptakan adanya blind spot dalam pembuatan aplikasi untuk Android.

Android dan iOS memiliki perbedaan yang cukup signifikan yang bisa memengaruhi cara kerja dan pengalaman penggunaan sebuah aplikasi.

Meskipun demikian, beberapa eksekutif Facebook, seperti Blockchain Lead David Marcus dan VP of AR and VR Andrew 'Boz' Bosworth, tampak masih menggunakan iPhone.

Hal ini bisa dilihat dari akun Twitter resmi mereka. Ini menunjukkan kemungkinan bahwa 'perintah' Zuckerberg masih belum sepenuhnya dijalankan.

Komentar

Embed Widget
x