Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 12 Desember 2018 | 19:38 WIB

Perdana di Asia Tenggara, Ini Fungsi Lab IoT XL

Oleh : Ibnu Naufal | Rabu, 14 November 2018 | 17:17 WIB

Berita Terkait

Perdana di Asia Tenggara, Ini Fungsi Lab IoT XL
(inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - XL Axiata baru saja meresmikan laboratorium IoT di Indonesia. Lab X-Camp yang diklaim pertama hadir di Asia tenggara ini nantinya akan menciptakan produk maupun solusi IoT untuk ide-ide yang datang.

Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya menuturkan sejumlah kelebihan lab yang tergabung dengan GSMA Mobile IoT Open Lab Alliance di Asia Tenggara ini.

"Ada tiga keuntungan yang bisa dirasakan pertama pengembangan skill lalu ada juga pertukaran informasi dengan operator lain dan menyediakan akses pasar sehingga apa yang dikeluarkan bisa dipakai sesama operator yang tergabung dengan aliansi GSMA," ujar Yessie di Jakarta, Rabu (14/11/2018).

"Dan terakhir akses terhadap informasi yang dibagikan oleh operator-operator seluler lain di dunia dan akses pasar," tambah dia.

Lebih lanjut dengan adanya lab ini diharapkan mampu mendukung ekosistem IoT dengan tujuan edukasi pasar, ekubasi bisnis, pengembangan bersama, dan kerja sama lab.

Dia juga mengatakan XL dalam hal ini sudah berperan aktif dan berkomitmen dalam mengembangkan industri IoT di Indonesia dengan pengembangan laboratorium IoT X-Camp yakni jaringan atau konektivitas (NB-IoT), platform pengembangan (Flexiot), dan produk atau solusi IoT sesuai kebutuhan berupa aplikasi (Fleettech dan XL Hajj).

Dalam melakukan training dan menjalin kemitraan untuk mengakomodasi lahirnya inovasio IoT dari seluruh penjuru Tanah Air, X-Camp bekerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi di Indonesia, diantaranya Universitas Gajah Mada, Universitas Brawijaya, Politeknik Negeri Semarang, dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Komentar

Embed Widget
x