Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 21 November 2018 | 01:23 WIB

Disertasi dan Kursi Roda Stephen Hawking Dilelang

Kamis, 8 November 2018 | 11:11 WIB

Berita Terkait

Disertasi dan Kursi Roda Stephen Hawking Dilelang
(ist)

INILAHCOM, London - Disertasi hingga kursi roda milik Stephen Hawking akan dilelang, menawarkan penggemar fisikawan Inggris ini untuk membeli sebagian harta miliknya.

Dikenal karena penelitian mengenai lubang hitam, Hawking yang memakai kursi roda karena menderita penyakit Motor Neuron dan menggunakan synthesizer suara elektronik, meninggal dunia pada 14 Maret lalu dalam usia 76 tahun.

'On the Shoulders of Giants' yang juga menampilkan dokumen hasil tulisan Isaac Newton, Charles Darwin, dan Albert Einstein akan menampilkan 22 lot dari harta peninggalan Hawking, termasuk satu dari lima disertasi PhD-nya, 'Properties of Expanding Universes' yang ditaksir berharga 100.000 hingga 150.000 poundsterling.

"Stephen Hawking adalah pribadi yang sangat terkenal di seluruh dunia. Dia memiliki kemampuan yang luar biasa dalam berinteraksi dengan orang lain," kata Thomas Venning, Director and Senior Specialist in the London Books & Manuscripts Department Balai Lelang Christie's London, seperti dilansir Reuters.

Yang juga akan dijual adalah salinan buku terlaris Hawking, yakni 'A Brief History of Time', yang ditandatangani dengan cap ibu jarinya, ditaksir bernilai antara 2.000 sampai 3.000 poundsterling, serta penghargaan dan medali ilmuwan dengan harga 10.000 hingga 15.000 poundsterling.

Dokumen lainnya seperti undangan untuk acara 'Time Travellers' serta kursi roda bermotor yang digunakan Hawking juga akan dilelang secara online antara 31 Oktober-8 November 2018.

Menurut Venning, rencana lelang ini telah menarik banyak minat kolektor yang berasal dari Asia, Timur Tengah, AS, dan Australia.

"Hawking menjelajahi dunia dan dia mempunyai banyak penggemar di AS dan di Asia," katanya.

Komentar

Embed Widget
x