Find and Follow Us

Minggu, 16 Juni 2019 | 04:21 WIB

IBM Sepakat Akuisisi Red Hat Senilai Rp518 Triliun

Selasa, 30 Oktober 2018 | 09:30 WIB
IBM Sepakat Akuisisi Red Hat Senilai Rp518 Triliun
(ist)

INILAHCOM, New York - Raksasa komputer IBM dilaporkan telah setuju untuk mengakuisisi Red Hat, perusahaan software open-source pembuat Linux.

Mengutip The Register, IBM kabarnya akan membayar sebesar US$190 per lembar saham Red Hat dengan perkiraan nilai akuisisi sebesar US$34 miliar atau sekitar Rp518 triliun.

Kesepakatan ini akan membantu IBM memperluas jangkauan mereka sebagai penyedia komputasi cloud untuk enterprise.

"Akuisisi ini merubah semuanya yang berhubungan di pasar cloud. IBM akan menjadi penyokong komputasi Hybrid Cloud nomor satu di dunia," ujar Ginni Rometty, CEO IBM.

Dia juga menyebut IBM akan menyediakan satu-satunya solusi untuk teknologi 'open cloud' yang akan membuka potensi peningkatan valuasi bisnis yang lebih tinggi lagi, didukung dengan komputasi cloud bersama Red Hat ini.

Red Hat mengklaim bahwa mereka merupakan pemimpin dalam industri software dan layanan open source untuk enterprise. Fokus mereka adalah pada komputasi cloud dan server Linux.

Pada 2012 lalu, Red Hat menjadi perusahaan penyedia software open-source pertama yang mendapatkan pendapatan lebih dari US$1 miliar. Dan kini, mereka akan menjadi bagian dari divisi Hybrid Cloud IBM.

CEO Red Hat Jim Whitehurst menyebut bahwa akuisisi oleh IBM ini akan membawa usaha yang dipimpinnya ke pasar dengan skala yang lebih besar dari sebelumnya.

"Bergabung dengan IBM akan menjadi tantangan untuk mempercepat transformasi digital," kata Whitehurst.

Terkait hal tersebut, dia pun mengklaim penggabungan dua usaha ini akan membawa Red Hat ke pengguna yang lebih bervariasi lagi pasarnya, dengan membuktikan komitmen bisnis perusahaan berbasis 'open-source' itu ke lebih banyak khalayak.

Di sisi lain, IBM berharap kesepakatan ini akan senantiasa membantu mengejar ketinggalan mereka dari Amazon, Alphabet, dan Microsoft dalam bisnis cloud yang berkembang pesat akhir-akhir ini.

Komentar

x