Find and Follow Us

Rabu, 22 Mei 2019 | 04:18 WIB

Kyocera KY-O1L, Ponsel Tipis Sebesar Kartu Kredit

Senin, 22 Oktober 2018 | 14:14 WIB
Kyocera KY-O1L, Ponsel Tipis Sebesar Kartu Kredit
(trustedreviews.com)

INILAHCOM, Tokyo - Manufaktur asal Jepang, Kyocera, bekerja sama dengan operator selular NTT Docomo meluncurkan ponsel unik bernama KY-O1L yang diklaim sebagai ponsel tertipis di dunia, dengan ukuran yang kurang lebih sebanding dengan kartu kredit.

Mengutip Trusted Reviews, Kyocera KY-O1L memiliki ketebalan hanya 5,4mm dan bobot cuma 47 gram, yang membuat ponsel ini bisa dengan mudah diselipkan di saku atau card holder.

Berkat bodi rampingnya itu, Kyocera KY-O1L diibaratkan sebagai 'card phone' atau 'ponsel kartu'. Sekedar informasi, ponsel ini belum masuk dalam kategori smartphone, melainkan feature phone.

Kyocera KY-O1L tampil dengan layar sentuh berukuran hanya 2,8 inci yang memiliki tampilan seperti perangkat baca Kindle, yakni berupa e-paper hitam putih. Baterainya pun dianggap cukup dengan kapasitas 380mAh.

Klaim sebagai ponsel tertipis memang masih bisa diperdebatkan, karena beberapa smartphone sebenarnya memiliki bodi yang lebih tipis dari Kyocera KY-O1L, sebut saja OPPO R5 (4,85mm) dan Vivo X5 Max (4,7mm).

Meski merupakan feature phone, Kyocera KY-O1L sudah dilengkapi koneksi 4G LTE. Penggunanya pun bisa berselancar di dunia maya melalui browser atau berkirim email melalui aplikasi yang disediakan, namun antarmukanya terbatas karena belum berwarna.

Kyosera KY-O1L memang tidak ditujukan sebagai ponsel utama, melainkan 'perangkat pendamping' alias 'companion device' bagi smartphone yang belakangan ini ukurannya semakin bongsor.

Meski demikian, masih bisa dipertanyakan pula apakah pengguna smartphone benar-benar membutuhkan perangkat pendamping semacam ini atau tidak, atau lebih cocok dengan 'companion device' lain seperti smartwatch.

Kyocera KY-O1L resmi tersedia di Jepang pada November mendatang, dengah banderol yang terbilang mahal, yakni 32.000 yen atau sekitar Rp4,2 juta. Harga yang sebanding dengan smartphone Android kelas menengah pada umumnya.

Komentar

x