Find and Follow Us

Selasa, 25 Juni 2019 | 23:32 WIB

Review Produk

Laptop HP 14-cm0006AU: Performa Oke, Harga Kece

Oleh : Ibnu Naufal | Sabtu, 29 September 2018 | 10:10 WIB
Laptop HP 14-cm0006AU: Performa Oke, Harga Kece
(inilahcom/Ibnu Naufal)

PROSESOR AMD untuk laptop selama ini dikenal dengan platform yang memiliki kinerja yang cukup baik dengan harga yang lebih terjangkau. Apalagi, AMD menggabungkan Central Processing Unit atau CPU mereka dengan Graphics Processing Unit atau GPU ke dalam satu chipset yang dikenal dengan nama Accelerated Processing Unit atau APU.

Setelah AMD merilis generasi ketiga dari prosesor Ryzen terbaru mereka, semua berubah. APU yang dulunya memiliki kinerja yang sepertinya biasa saja, saat ini sudah menjadi jauh lebih kencang. Hal tersebut dikarenakan perubahan arsitektur dari yang berbasis Buldozer menjadi berbasis Zen.

APU Ryzen generasi kedua pun saat ini telah digunakan pada laptop dengan nama Ryzen Mobile dengan nama kode Raven Ridge. Ryzen Mobile sendiri merupakan sebuah APU yang menggunakan arsitektur prosesor dan graphics terintegrasi terbaru dari AMD.

Salah satu laptop yang menggunakan APU Ryzen Mobile adalah HP Notebook HP 14-cm0006AU. Meski nama laptop ini kurang begitu mudah dihafal oleh para pembelinya. Laptop yang datang ke meja pengujian INILAHCOM ini sudah menggunakan APU AMD Radeon Vega 3 Graphics.

Bagaimana performa keandalannya? Simak review singkatnya.

Desain

Melihat desain HP 14-cm0006AU sebetulnya tidak ada yang istimewa. Desain yang dimilikinya masih serupa dengan kebanyakan produk laptop.

Meski demikian, desain ini tidak jelek dan sudah cukup memuaskan, masih terlihat mewah mengingat harganya yang terjangkau.

Dari segi dimensi, laptop hadir dengan dimensi keseluruhan 335mm x 234mm x 19.9 mm dengan bobot 1,47 kg.

Menggunakan material plastik finishing desainnya sangat bagus dan terlihat kokoh. Seperti biasa, HP memberikan desain metal brush pada setiap bagian laptop ini, di lapisan luar layar sehingga terlihat kokoh.

Meski tanpa tombol angka, HP menyertakan keyboard yang tersedia ruang yang cukup luas untuk penampang tangan serta trackpad, HP 14-cm0006AU cukup nyaman untuk mengetik.

Untuk konektivitas, laptop ini terbilang lengkap. Pada sisi kanan dan kirinya tersedia beragam port yang bisa dipakai. Walaupun penempatan colokannya dominan pada tepi kanannya.

Lalu terdapat 2 USB 3.1 Gen 1 (Data Transfer Only), 1 USB 2.0, 1 HDMI v1.4b , 1 RJ-45 , 1 Headphone & Microphone combo, 1 multi-format SD media card reader, dan Kensington MicroSaver security lock support.

Performa

Saat laptop ini datang ke meja pengujian INILAHCOM, sistem operasi yang terpasang sudah menggunakan Windows 10 Home. Hal ini tentu saja membuat pengguna lebih nyaman karena menggunakan sistem operasi yang resmi sehingga mendapatkan dukungan penuh dari Microsoft.

HP 14-cm0006AU menggunakan AMD Ryzen 3 2200U engan prosesor dual core quad thread Ryzen 3 Mobile 2200U dengan Thermal Design Power 15 Watt.

Dengan core terbaru dari AMD tersebut, tentu saja notebook ini cukup bertenaga dibandingkan dengan generasi sebelumnya. 'Cukup' karena memang menggunakan dua inti saja dengan empat thread.

Hal ini berarti dalam menggunakan Office dan software-software editing, HP Notebook 14-cm0006AU sudah sangat mumpuni.

Kapasitas RAM yang disediakan sebesar 4GB dan bisa ditingkatkan hingga 16 GB. Untuk kapasitas penyimpanannya sendiri sebesar 1TB dengan jenis perangkat HDD.

Kapasitas RAM yang tersedia memang sesuai dengan harga. Ruang penyimpanan 1TB adalah nilai lebih yang bagi sebuah laptop yang digolongkan sebagai laptop harga terjangkau.

Saat diuji untuk menjalankan benchmark Pcmark 10 sayangnya beberapa kali INILAHCOM mengalami masalah sehingga tidak bisa menampilkan hasil benchmark sesungguhnya.

Namun, saat beralih ke kebutuhan rendering foto atau video, dengan software Cinebench laptop HP 14-cm0006AU mampu melakukan proses rendering cukup baik dan masih bisa ditoleransi.

selain itu hasil benchmark 3dmark juga menghasilkan skor yang cukup baik dari pengujian Sky Divers dan cloud gate.

Lalu bagaimana dengan pengujian gaming, sayangnya INILAHCOM belum sempat untuk menjajal secara langsung dengan game langsung meski begitu dengan skor 3dmark menunjukkan laptop ini sejatinya bisa melahap game jaman sekarang namun dengan sedikit settingan yang dibutuhkan untuk lebih optimal.


Untuk kinerja baterai cukup untuk mengakomodir kegiatan sehari-jari, kasual browsing atau penggunaan office dengan durasi rata-rata hingga 4 jam 45 menit.

Sedangkan untuk penggunaan editing atau menonton film full HD bisa berkurang drastis hingga 3 jam lebih sedikit.

Untuk pengisiannya sendiri memakan waktu 1 jam 30 menit dari kondisi 20 persen sehingga fitur charging bisa cukup cepat layak dibanding pada notebook ini.

Kesimpulan

HP 14-cm0006AU sejatinya memang bukan diperuntukkan untuk gaming kelas berat maupun laptop mainstream superior. Ada dua hal yang patut diperhatikan yakni dari spesifikasi dan harganya.

Prosesor yang dipergunakan AMD mampu menyediakan kemampuan yang tidak jelek tapi juga tidak terlalu kuat.

HP 14-cm0006AU bisa menjadi pilihan notebook kasual harapan semua orang, dimana ia memiliki sisi mobilitas yang baik, bentuk desain yang mengesankan, terlebih kekuatan komputasi yang jauh lebih powerful.

Sehingga, notebook ini sangat kami rekomendasikan sebagai pilihan notebook mainstream.

Spesifikasi HP 14-cm0006AU

Ukuran Layar

14 inci WLED-backlit (1366 x 768)

Prosesor

AMD Ryzen 3 2200U

GPU

AMD Radeon Vega 3 Graphics

RAM

4GB

Memori Penyimpanan

1 TB 5400 rpm SATA

Bobot

1.47 Kg

Harga

Rp.5.899.000

Komentar

x