Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 16 Oktober 2018 | 11:13 WIB

Smartphone Lipat Galaxy F Tak Pakai Gorilla Glass

Jumat, 21 September 2018 | 16:30 WIB

Berita Terkait

Smartphone Lipat Galaxy F Tak Pakai Gorilla Glass
(ist)

INILAHCOM, Jakarta - Sebuah laporan terbaru menyebutkan bahwa smartphone layar lipat Samsung, yang kabarnya akan mengusung nama Galaxy F, tidak akan menggunakan lapisan kaca pelindung Corning Gorilla Grass. Benarkah?

Rencana Samsung untuk meluncurkan smartphone lipat pada awal 2019 bukanlah sebuah rahasia lagi. Namun, laporan terbaru menyebut bahwa layar unik smartphone ini akan hadir dengan kemunduran signifikan terkait dengan durabilitas.

Serupa sebagian besar smartphone yang tersedia di pasar saat ini, perangkat lipat Samsung bernama Galaxy F ini akan menggunakan lapisan bahan yang telah diperkuat di bagian layar dengan tujuan untuk melindungi panel layar di bawahnya.

Umumnya, dan terutama pada perangkat premium, hal ini mengindikasikan penggunaan Gorilla Glass seabagi lapisan panel depan. Namun, usungan desain lipat pada perangkat premium terbaru Samsung, solusi ini tidak lagi memungkinkan.

Samsung memutuskan untuk memanfaatkan bahan Polymide (PI) transparan baru yang dipasok oleh perusahaan asal Jepang, Sumitomo Chemical. Sayangnya, solusi baru ini tidak lebih kokoh jika dibandingkan dengan lapisan kaca karya Gorilla Glass.

Namun, menggunakan bahan plastik memungkinkan smartphone Samsung ini menjadi lebih fleksibel dan tahan terhadap suhu panas. Kedua faktor tersebut merupakan fitur penting yang diusung Samsung pada smartphone berdesain lipatnya.

Kini menurut laporan yang beredar, Corning telah mengembangkan solusi karyanya untuk smartphone dengan layar berdesain lipat. Sayangnya, Samsung menilai solusi Corning tersebut belum cukup canggih, dan menjadi alasan mereka mengadopsi panel PI transparan.

Proses produksi smartphone berdesain lipat pertama Samsung belum resmi dimulai, sehingga dapat dipahami bahwa pemasok lapisan pelindung ini masih berupaya memperbaiki solusi karyanya sebaik mungkin.

Dengan waktu perilisan diperkirakan pada Januari 2019, konsumen tidak perlu menunggu lama hingga versi akhir produk memasuki proses produksi.

Komentar

Embed Widget
x