Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 17 November 2018 | 16:21 WIB

Nintendo GameCube Ulang Tahun ke-17

Oleh : Taufiqqurakhman | Minggu, 16 September 2018 | 13:13 WIB

Berita Terkait

Nintendo GameCube Ulang Tahun ke-17
(Foto: Youtube)

INILAHCOM, Jakarta - Konsol Nintendo GameCube baru saja berulang tahun yang ke-17. Seperti apa?

Konsol GameCube pertama kali dirilis pada tanggal 15 September 2001 di Jepang.

Nintendo GameCube disingkat secara resmi sebagai NGC di Jepang dan GCN di wilayah pemasaran lain, adalah konsol permainan rumahan Nintendo yang keempat dan menjadi bagian dari konsol permainan generasi keenam. Konsol ini adalah penerus Nintendo 64 dan pendahulu Wii.

GameCube adalah konsol Nintendo pertama yang menggunakan cakram padat sebagai media penyimpanan data utamanya. Berbeda dengan pesaing terdekatnya, PlayStation 2 dan Xbox, GameCube menggunakan cakram DVD mini daripada DVD biasa yang berukuran penuh.

Sebagai akibatnya, konsol ini tidak memiliki fungsi untuk memutar DVD atau CD audio seperti yang bisa dilakukan oleh konsol yang menggunakan DVD berukuran penuh.

Sebagai tambahan, Nintendo menyediakan berbagai pilihan sambungan pada GameCube dan menjadi konsol Nintendo keempat setelah Nintendo 64DD, Famicom Modem, dan Satellaview yang secara resmi mendukung permainan secara daring melalui adaptor modem dan jalur lebar yang dijual terpisah.

Konsol ini juga memiliki sambungan ke Game Boy Advance untuk mengakses fitur-fitur khusus beberapa permainan video atau menggunakannya sebagai kontroler untuk Game Boy Player.

GameCube dirilis pada tanggal 15 September 2001 di Jepang, 18 November 2001, di Amerika Utara, 3 Mei 2002 di Eropa, dan 17 Mei 2002 di Australia. Konsol ini terjual sebanyak 21,74 juta unit di seluruh belahan dunia. Panasonic juga merilis Panasonic Q, varian GameCube yang juga berfungsi sebagai pemutar DVD, tetapi hanya dijual di Jepang.

Tonton video iklannya Nintendo GameCube pada tahun 2001 di bawah ini:

Komentar

Embed Widget
x