Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 20 September 2018 | 23:52 WIB

Apple Watch Series 4 Usung Desain dan Fitur Baru

Kamis, 13 September 2018 | 09:00 WIB

Berita Terkait

Apple Watch Series 4 Usung Desain dan Fitur Baru

INILAHCOM, Cupertino - Selain meluncurkan tiga model iPhone terbaru, Apple juga menghadirkan seri teranyar dari Apple Watch dalam acara yang digelar di auditorium Steve Jobs Theater, Apple Park, Cupertino, California, AS, Rabu waktu setempat (12/9/2018) atau Kamis dini hari WIB (13/9/2018).

Bernama Apple Watch Series 4, jam tangan pintar baru ini mengusung beragam perubahan signifikan dibandingkan pendahulunya, terutama dalam hal desain.

Mengutip GSM Arena, Apple Watch Series 4 tampil dengan layar lebih besar dengan dua pilihan, yaitu 40mm dan 44mm, yang meningkat dari seri sebelumnya yang mengusung ukuran 38mm dan 42mm.

Baca juga: Apple Resmi Luncurkan iPhone XS, XS Max, dan XR

Meski layarnya membesar, Series 4 ini lebih langsing dari Series 3 karena Apple memperkecil ukuran bezelnya. Secara desain, smartwatch anyar besutan Apple ini memiliki layar yang 30 persen lebih luas, juga lebih tipis dibanding pendahulunya.

Sistem operasi watchOS pun memanfaatkan layar lebih besar itu untuk menunjukkan beragam informasi yang lebih relevan.

"Apple Watch terbaru ini dibekali dengan software yang lebih kuat, yang membuat Anda tetap terhubung meski aktif berkegiatan," kata Tim Cook, CEO Apple, di atas panggung peluncuran.

Apple Watch Series 4 tak hanya dapat mengetahui denyut jantung, tapi juga dilengkapi dengan tiga fitur baru untuk jantung. Pertama, smartwatch ini dapat memunculkan pemberitahuan saat denyut jantung rendah.

"Kalau denyut terlalu rendah tidak bisa memompa darah ke seluruh tubuh, dan sekarang Apple Watch bisa deteksi itu," ujar Jeff Williams, Chief Operating Officer Apple, saat presentasi.

Apple Watch Series 4 juga bisa mencatat detak jantung, dan memberitahu pengguna jika ritme detak jantung tidak seperti biasa.

Tak cuma itu, arloji pintar baru ini juga dibekali kemampuan Electrocardiografi (ECG) untuk merekam aktivitas listrik jantung dengan menggunakan sensor. Fitur ini akan memberitahu pengguna jika mereka memiliki kelainan detak jantung.

Sensor giroskop memungkinkan jam tangan ini bisa mendeteksi jika pengguna jatuh. Misalnya pengguna jatuh dari tangga, maka Apple Watch Series 4 akan menanyakan apakah perlu memanggil layanan darurat. Jika tidak ada tanggapan dan pengguna tak bergerak lebih dari 5 detik, Siri akan otomatis menghubungi paramedis.

Antarmuka Apple Watch Series 4 juga diperbarui sehingga mampu menampilkan foto, peta, hingga email. Tidak hanya itu, antarmuka kini juga mampu menampilkan empat kontak orang terdekat, sehingga hanya sekali tekan untuk terhubung.

Selain itu, antarmuka juga dapat menampilkan pengingat, seperti jadwal penerbangan, serta menampilkan tiga zona waktu yang berbeda sekaligus. Fitur baru lainnya adalah pengingat untuk mengambil napas dalam-dalam.

Untuk hardware, Apple Watch Series 4 dibekali speaker yang 50 persen lebih kencang dibanding pendahulunya. Apple juga memindahkan microphone pada Series 4 menjadi jauh dari speaker guna mengurangi echo.

Pada bagian belakang, Watch Series 4 terbuat dari black ceramic dan sapphire crystal. Untuk prosesor, arloji pintar ini dibekali chipset Apple S4 yang memadankan CPU dual-core 64-bit serta GPU powerful yang membuat performanya diklaim dua kali lipat lebih mumpuni ketimbang Series 3.

Untuk urusan privasi, Apple mengatakan semua data kesehatan pengguna terenkripsi dalam perangkat. Adapun ketahanan baterainya, yakni sekitar 18 jam.

Apple Watch Series 4 hadir dalam warna silver, emas, dan space gray, dengan ukuran tali yang sesuai dengan seluruh Apple Watch generasi sebelumnya.

Soal harga, Apple Watch Series 4 dibandrol mulai US$399 atau sekitar sekitar Rp5,7 juta untuk varian GPS only, dan mulai US$499 atau sekitar Rp7,2 juta untuk varian dengan kemampuan seluler LTE.

Arloji pintar tersebut akan tersedia pada 21 September 2018 di 26 negara, dan varian selulernya akan hadir untuk 16 negara.

Komentar

x