Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 19 November 2018 | 08:19 WIB

China Tangguhkan Proses Perizinan Game

Kamis, 16 Agustus 2018 | 23:23 WIB

Berita Terkait

China Tangguhkan Proses Perizinan Game
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Beijing - Pemerintah China menangguhkan proses perizinan peluncuran game baru atas dasar 'restrukturisasi kekuasaan' di badan-badan pemerintah.

Di China, perusahaan game harus mendapatkan izin dari Badan Televisi dan Radio Nasional dan juga Kementerian Budaya dan Pariwisata sebelum mereka dapat meluncurkan game baru dan memonetisasi game tersebut.

Namun, karena kedua badan pemerintah itu kini tengah mengalami restrukturisasi, Beijing kini membekukan proses izin lisensi game baru, demikian menurut laporan CNET.

Keputusan ini bahkan memengaruhi Tencent, salah satu developer game terbesar di Negeri Tirai Bambu itu. Valuasi Tencent dikabarkan turun US$160 miliar atau sekitar Rp2,3 triliun sejak Januari lalu. Sementara perusahaan game yang lebih kecil kesulitan untuk bisa bertahan hidup.

Keuntungan Tencent juga dikabarkan turun untuk pertama kalinya dalam hampir 10 tahun. Salah satu alasannya karena mereka tidak bisa mendapatkan untung dari game-game populernya, seperti PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG).

Meskipun versi mobile dari game itu sangat populer, tanpa izin lisensi, Tencent tidak akan bisa mengambil untung. Per Agustus, PUBG Mobile telah dipasang pada lebih dari 169,7 juta perangkat.

Masih belum jelas kapan kedua badan pemerintah akan kembali melaksanakan tugasnya. Situs Badan Televisi dan Radio Nasional terakhir kali memberikan informasi terkait izin game pada Maret lalu.

Komentar

Embed Widget
x