Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 19 November 2018 | 08:18 WIB

Presiden Turki Boikot iPhone, Pilih Samsung

Kamis, 16 Agustus 2018 | 07:07 WIB

Berita Terkait

Presiden Turki Boikot iPhone, Pilih Samsung
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Ankara - Di tengah ketegangan diplomatik dengan AS, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memilih perangkat Samsung sebagai alternatif.

Erdogan mengatakan bahwa negaranya akan melarang benda-benda elektronik dari AS masuk ke Turki, setelah adanya perseteruan diplomatik yang menyebabkan krisis mata uang Lira Turki pada Selasa lalu (14/8/2018).

Secara khusus Erdogan menyoroti Apple dan mengatakan bahwa Turki akan menghentikan distribusi Apple ke negaranya. Sebagai pengganti, Turki mendukung perangkat dari Korea Selatan --Samsung-- atau Vestel yang merupakan produk asli Turki.

"Kami akan menerapkan boikot terhadap barang-barang elektronik dari AS. Jika mereka memiliki iPhone, maka di sana juga ada Samsung. Kami pun punya Vestel," kata Erdogan.

Masih belum ada kejelasan bagaimana Erdogan akan menerapkan boikot ini.

Sementara itu, Reuters melaporkan, boikot yang akan dilakukan ini dianggap sebagai bentuk balasan atas sanksi AS terhadap dua menteri Turki yang sebelumnya menahan Andrew Brunson, pendeta AS.

Boikot ini juga sebagai respons atas naiknya tarif impor baja dan aluminium Truki pekan lalu, yang menyebabkan jatuhnya nilai mata uang Lira Turki.

Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton bertemu dengan duta besar Turki untuk Washington pada hari Senin (13/8/2018), menunjukan adanya upaya diplomatik.

Komentar

Embed Widget
x