Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 Agustus 2018 | 00:23 WIB

Bergairah, UniPin Garap Pasar eSports di Indonesia

Oleh : Ibnu Naufal | Kamis, 9 Agustus 2018 | 13:45 WIB
Bergairah, UniPin Garap Pasar eSports di Indonesia
(inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Game lewat internet atau kini biasa disebut electronic sport (eSports) juga menuai pundi-pundi. Apalagi yang profesional dan bisa menggaet sponsor dan investor.

Data dari Forbes menyebut valuasi industri eSports mencapai US$500 juta di tahun 2017. Angka pertumbuhannya pun cukup fantastis, yakni 40 persen.

Perputaran uang di bisnis inipun diprediksi pada tahun 2021 akan mencapai US$1,7 miliar. Asia diprediksi akan mencapai pertumbuhan besar, selain Amerika Utara dan Eropa.

"Kalau pertumbuhan di Asia terus naik. Indonesia yang berada di Asia Tenggara akan berperan dan pasti mencapai pertumbuhan yang besar juga," kata Ashadi Ang, CEO & Co Founder UniPin, saat konferensi pers kompetisi eSports Internasional di CGV Grand Indonesia, Jakarta, Rabu (8/8/2018).

Sayangnya, khusus angka di Indonesia, Ashadi belum mengetahui angka pastinya. Namun eSports pasti bergerak cepat.

PT Dua Puluh Empat Jam Online, UniPin eSports, adalah sebuah komunitas yang menjadi wadah untuk memfasilitasi, membangun dan mewujudkan mimpi para atlet eSport nasional, maupun international yang berkomitmen tinggi untuk mendedikasikan kehidupannya menjadi atlet professional demi meraih prestasi tertinggi sekaligus mengharumkan nama bangsa.

"Setelah saya dan tim melakukan perjalanan ekspansi bisnis UniPin ke negara-negara kawasan Asia Tenggara, kami melihat dan menemukan peluang baru pada industri eSports. Setiap negara mempunyai potensi eSports yang luar biasa dan kami menangkap potensi dan antusiasme ini sebagai sebuah visi baru untuk membangun komunitas eSports terbesar yang bisa menginspirasi seluruh atiet eSports di berbagai belahan dunia. Khususnya di Indonesia," ujarnya.

Menangkap fenomena tingginya antusiasme para atlet eSports tanah air dan di berbagai negara Asia Tenggara, maka UniPin eSports mengadakan tournament eSparts berkelas dunia, yaitu South East Asian Cyber Arena (SEACA) dan World Electronic Spot: Games (WESG) yang akan diselenggarakan pada 17 Oktober -21 Oktober 2018 bertempat di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat.

Event akbar ini memperoleh dukungan besar dari pihak-pihak terkait diantaranya Indomaret, Garena, Moonton, dan sebagainya. SEACA memperebutkan total hadiah US$100 ribu.

"Kami juga memuat jauh kedepan, bahwa industri eSports mampu menumbuhkan budaya positif yang perlu kita terapkan pada kehidupan kita sehari-hari. Budaya yang dimaksud adalah belajar, berlatih, bekerja sama dan berkompetisi dengan sehat dalam segala aspek kehidupan manusia," jelasnya.

Saat ini masih berlangsung babak kualifikasi SEACA yang sudah dilakukan di 16 kota, yaitu Jakarta, Tangerang, Bekasi, Parung, Bandung, Medan, Bogor, Cirebon, Gresik, Palembang, Ball, Makassar, Purwakarta, Yogyakarta, Semarang, dan Lampung.

Dalam babak kualifikasi ini umum eSports bekerja sama dengan lndomaret mengusung pertandingan UniPin lndomaret Championship (UlC) yang dimulai sejak 27 Mei 2018 -7 Oktober 2018. Pendaftaran kualifikasi kompetisi eSports masih dibuka hingga 10 Agustus 2018. dan para pemenang babak kualifikasi akan bertanding pada bulan Oktober nanti.

Sedangkan WESG 2018 merupakan sebuah kompetisi eSports terbesar di dunia yang diadakan oleh Alisports. Event eSports akbar ini melibatkan partisipan sebanyak 38 negara untuk kualifikasi online. Kualifikasi final diselenggarakan secara major offline yang melingkupi kawasan seperti China, Jepang, AS, Kanada, Rusia, Asia Tenggara (Brunei, Kamboja, lndonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam).

WESG sendiri didukung oleh Alisports, Air Asia, Agri Mind, Beyond, Mogu, Charterprime, UniPin eSports. Ajang ini dan akan memperebutkan total hadiah sebesar US$5,5 juta.

Untuk pertandingan kualifikasi lndonesia, Alisports menunjuk Agri Mind & UniPin eSports sebagai partner resmi sebagai penyelenggara acara. Dalam event ini akan mempertandingkan StarCraft II, Hearthstone, Counter-Strike, Global Offensive, Vainglorv, dan DOTA 2.

Pendaftaran WESG perwakilan Indonesia akan ditutup pada 31 Agustus 2018. Pada September-Oktober 2018 akan dilaksanakan kualifikasi online dan puncak pertandingan final nasional WESG sendiri akan diadakan 17 Oktober-18 Oktober 2018 di Jakarta.

Komentar

Embed Widget

x