Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 14 Agustus 2018 | 13:45 WIB

Anak Panda Pertama Prancis Rayakan Ultah

Oleh : - | Selasa, 7 Agustus 2018 | 00:30 WIB
Anak Panda Pertama Prancis Rayakan Ultah
(france24.com)

INILAHCOM, Paris - Anak panda pertama yang lahir di Prancis, Yuan Meng, merayakan ulang tahun pertamanya di Kebun Binatang Beauval di Saint-Aignan, Prancis, akhir pekan lalu. Para petugas kebun binatang beserta pengunjung berkumpul untuk merayakannya meski cuaca sangat panas.

Kue, poster, maskot, dan bahkan buku dan CD tentang anak panda jantan itu ditawarkan kepada ratusan penggemar yang antre beberapa menit dengan harapan bisa mengabadikan sekilas panda gemuk itu.

Upacara perayaan berlangsung di pagi hari, ketika Yuan Meng ditemani dua petugas kebun binatang memasuki kandang luar ruang dan mendapati kue ulang tahun berlapis madu, buah, dan daun bambu.

Namun, anak panda itu lebih memilih bermain dengan induknya sebelum mencicipi kue, sementara para pengunjung merekam setiap gerakan sang bintang menggunakan ponsel.

"Saya tahu jika perayaan ini disiarkan langsung di TV, tapi saya lebih suka datang dan melihat Yuan Meng dengan mata kepala saya sendiri," kata seorang pengunjung bernama Bourreau kepada Xinhua sambil menikmati kue bersama suaminya.

"Saya sudah mengunjungi panda raksasa ini beberapa kali sebelumnya. Yuan Meng tumbuh sangat baik dan dia sangat cantik dan lucu, saya mengambil banyak foto," imbuhnya.

Pada 4 Agustus tahun lalu, panda raksasa bernama Huan Huan melahirkan bayi kembar di Prancis. Bayi pertama mati tak lama setelah lahir, dan yang kedua dinamai Yuan Meng, yang dalam bahasa China berarti 'perwujudan mimpi'.

Kini, Yuan Meng sudah tumbuh dari hanya 143 gram saat lahir menjadi 30 kilogram, dan fisiknya sangat bagus menurut Rodolphe Delord, Direktur Umum Kebun Binatang Beauval.

"Dia terus menyusu pada induknya dan makan bambu secara teratur. Dia banyak menyusu dan banyak bermain, manis sekali," katanya.

Orangtua Yuan Meng, Huan Huan dan Yuan Zi, tiba di Prancis pada Januari 2012 dalam program peminjaman selama 10 tahun dari China.

Sejak pasangan panda itu datang, jumlah pengunjung Kebun Binatang Beauval naik drastis, dan mencapai 1,5 juta pada 2017.

"Selama 2018, kami mengharapkan lebih dari 1,5 juta pengunjng, yang datang untuk melihat evolusi Yuan Meng, yang memungkinkan kami meningkatkan kesadaran publik mengenai program keragaman hayati," kata Delord.

Ada sekitar 2.000 panda raksasa di dunia. Mereka diklasifikasikan sebagai spesies rentan punah oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Komentar

Embed Widget

x