Find and Follow Us

Kamis, 17 Oktober 2019 | 07:51 WIB

Pengguna Berkurang, Nilai Saham Twitter Anjlok

Senin, 30 Juli 2018 | 10:10 WIB
Pengguna Berkurang, Nilai Saham Twitter Anjlok
(ist)
facebook twitter

INILAHCOM, San Francisco - Jumlah pengguna aktif bulanan Twitter turun hingga satu juta dalam waktu satu kuartal. Angka ini bisa terus merosot jika jejaring sosial itu masih melanjutkan usaha mereka menghapus akun bot dan spam.

Pengguna aktif bulanan Twitter --yang kerap dianggap sebagai tolok ukur kesuksesan perusahaan pembesut aplikasi-- turun dari 336 juta pada kuartal lalu menjadi 335 juta pada kuartal ini.

Twitter menyebut jika mereka kemungkinan akan terus kehilangan jutaan pengguna aktif bulanan dalam waktu beberapa bulan ke depan.

Jumlah pengguna aktif bulanan Twitter itu dilaporkan dalam laporan keuangan per kuartal untuk 2018.

Meskipun Twitter tidak kehilangan banyak pengguna 'asli', reputasi Twitter di mata para investornya tetap memburuk karena beberapa kuartal belakangan. Pasalnya Twitter memiliki akun-akun palsu yang terlihat asli, membuat potensi bisnis mereka menjadi lebih besar, demikian lapor The Verge.

Memang, menghapus akun spam adalah hal baik. Itu artinya, Twitter tahu jumlah pengguna mereka dengan lebih akurat dan mereka bisa memberikan pengalaman yang lebih baik pada pengguna. Selain itu, berkurangnya akun spam dapat membuat reputasi Twitter menjadi lebih baik.

Namun, sekarang ini adalah periode yang sulit bagi Twitter. Selama ini, situs mikrobloging itu telah menghitung akun palsu sebagai akun asli, membuat para investor berpikir bahwa perusahaan bertumbuh lebih cepat dari kenyataannya.

Dan akibatnya, nilai saham Twitter langsung turun sekitar 16 persen setelah laporan keuangan ini rilis.

Twitter menyebutkan, kini mereka bisa menghapus akun dengan lebih cepat dari tahun lalu berkat teknologi baru yang mereka gunakan.

Karena pengguna aktif bulanan jatuh, Twitter memusatkan laporan keuangan mereka pada pengguna aktif harian. Mereka juga berkata, pengguna aktif bulanan mereka naik 11 persen dari tahun lalu.

Twitter tidak mau memberitahukan jumlah pengguna aktif harian mereka dan hanya menyebutkan bahwa pengguna aktif harian mereka 'jauh di bawah' setengah dari pengguna aktif bulanan mereka.

Kabar baiknya, Twitter masih bisa mendapatkan untung, dan ini adalah kuartal ketiga berturut-turut mereka mampu meraup laba.

Komentar

x