Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 20 September 2018 | 23:52 WIB

iPhone 2018 Tak Lagi Pakai Modem dari Qualcomm

Jumat, 27 Juli 2018 | 22:22 WIB

Berita Terkait

iPhone 2018 Tak Lagi Pakai Modem dari Qualcomm
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, San Diego - Qualcomm menyebut bahwa Apple kemungkinan besar akan menggunakan modem dari kompetitor mereka pada lini iPhone selanjutnya.

Menyangkal laporan sebelumnya yang mengklaim Qualcomm akan memasok hingga 30 persen modem yang dibutuhkan, CFO Qualcomm George Davis mengonfirmasi bahwa Apple telah meninggalkan mereka sepenuhnya.

Sejak 2016 lalu, Apple telah memanfaatkan modem besutan Qualcomm dan Intel untuk iPhone besutannya. Informasi terkait pemanfaatan Qualcomm tersebut dibutuhkan untuk perangkat CDMA, sedangkan Intel untuk model GSM.

Namun, berkat peningkatan secara teknologi yang dicapai Intel baru-baru ini, Qualcomm dilaporkan tidak lagi menerima pesanan modem dari Apple.

Memang tidak tersedia informasi spesifik yang menyebutkan nama Intel atau peningkatan terbaru yang dibuatnya, akan tetapi chip baru Intel XMM7560 diyakini telah memainkan peranan penting.

Berbeda dengan penawaran lain, modem Intel menawarkan dukungan untuk jaringan CDMA dan GSM. Selain itu, Apple tengah menjalani perseteruan hukum dengan Qualcomm terkait dengan royalti iPhone, juga dinilai menjadi salah satu bagian penting pendukung keputusan ini.

Untuk meyakinkan investornya, Qualcomm menyebut bahwa mereka akan terus menyediakan modem untuk iPhone model lama, yang masih tersedia di pasar.

Namun, saat disinggung soal peluang untuk memasok modem untuk model iPhone terbaru Apple, Qualcomm mengaku tidak yakin karena mengingat industri yang dirambah keduanya dinilai sangat dinamis.

Meski demikian, Qualcomm mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan bagi mereka untuk memasok modem besutannya untuk iPhone model terbaru.

Komentar

x