Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 18 November 2018 | 15:33 WIB

Pria Ini Habiskan Rp145 Juta untuk Main Game FIFA

Kamis, 26 Juli 2018 | 15:15 WIB

Berita Terkait

Pria Ini Habiskan Rp145 Juta untuk Main Game FIFA
(ist)

INILAHCOM, London - Seorang pria di Inggris mengaku kaget setelah menyadari bahwa ia sudah menghabiskan banyak uang untuk bermain game.

Pria 32 tahun bernama Michael ini dilaporkan telah memanfaatkan General Data Protection Regulation (GDPR), yakni kebijakan perlindungan data yang berlaku di Inggris untuk mengakses data pribadi pengguna. Dia pun mencoba melihat data dirinya di game FIFA 17 dan FIFA 18 besutan EA Sport.

Mengutip Eurogamer, Michael baru menyadari bahwa uang yang dihabiskan untuk kedua game tersebut selama dua tahun terbilang sangat besar, serta tidak setimpal dengan permainan yang dia dapatkan.

Dalam berkas lebih dari 100 halaman yang dikirim EA kepadanya lewat email, tercatat bahwa Michael sudah menghabiskan uang lebih dari US$10.000 atau sekitar Rp145 juta. Sementara catatan permainannya di game tidak terlalu bagus.

Seperti yang pernah diperdebatkan, game FIFA garapan EA memberlakukan sistem loot box. Anda bisa menggunakan uang asli dalam membeli FIFA Coins untuk membeli konten di dalam game, salah satunya adalah FIFA Ultimate Team.

Michael mengatakan bahwa dia tak jarang menggunakan FIFA Ultimate Team card pack untuk mendapatkan pemain bintang di dalam game secara acak. Jadi sistem loot box di fitur FIFA Ultimate Team card pack terdengar seperti judi.

Metode semacam ini kerap dikenal sebagai pay-to-win. Semakin banyak uang yang dihabiskan untuk game, maka pemain dijanjikan mendapatkan fitur atau konten lebih baik.

Padahal, sebuah game harusnya menjadi ajang kompetisi kemampuan atau skill, bukan berapa banyak uang yang berani dihabiskan.

Setelah menyadari hal tersebut, Michael pun berjanji pada dirinya sendiri untuk lebih berhemat saat memainkan game FIFA selanjutnya.

Komentar

Embed Widget
x