Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 16 Oktober 2018 | 21:53 WIB

eSports Resmi Hadir di Asian Games 2018

Oleh : Taufiqqurakhman | Rabu, 25 Juli 2018 | 02:30 WIB

Berita Terkait

eSports Resmi Hadir di Asian Games 2018
(ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Bagi para orang awam tentu eSports masih kurang dikenal, namun bagi para gamer istilah tersebut pastinya sudah tahu. Kabar gembira; eSports resmi bakal ada di Asian Games 2018.

eSports bakal hadir di Asian Games 2018 yang bakal digelar di Jakarta dan Palembang dalam waktu dekat.

Pihak Komite Olimpiade Indonesia pun sudah resmi merestui eSports sebagai salah satu cabang olahraga yang diperlombakan di Asian Games ke depannya.

"Sudah ada akreditasi untuk Esports agar bisa turut diperlombakan untuk event-event olahraga ke depannya," ujar Helen Sarita Delima, Pelaksana Tugas Sekertaris Jenderal, Komite Olimpiade Indonesia, di High Grounds Cafe, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Selasa sore (24/7/2018).

"Namun untuk Asian Games kali ini, eSports baru bersifat olahraga eksibisi. eSports dijadwalkan akan menjadi pertandingan medali pada Pesta Olahraga Asia 2022 nanti," terang Eddy Lim, Ketua Umum Asosiasi eSports Indonesia.

Eddy menambahkan kalau nanti di Asian Games 2018 kontingen Indonesia bakal ada 17 orang (sudah termasuk pelatih), dan jadwal pertandingannya ada di tanggal 26 Agustus hingga 1 September, enam judul game yang diperlombakan, dan akan dijual tiketnya.

Olahraga elektronik (juga dikenal sebagai permainan kompetitif, permainan pro, eSports, e-sports, electronic sports, atau pro gaming di Korea Selatan) merupakan suatu istilah untuk kompetisi permainan video pemain jamak, umumnya antara para pemain profesional.

Aliran permainan video yang biasanya dihubungkan dengan olahraga elektronik adalah aliran Strategi waktu-nyata, perkelahian, Tembak-menembak orang-pertama, dan arena pertarungan daring multipemain. Turnamen seperti The International Dota 2 Championships, League of Legends World Championship, Battle.net World Championship Series, Evolution Championship Series, Intel Extreme Masters, menyediakan baik siaran langsung dari kompetisi juga hadiah tunai pada para kompetitor.

Meski kompetisi teroganisir telah lama menjadi bagian dari Budaya permainan video, kompetisi ini telah mengalami peningkatan besar dalam popularitas dari akhir dekade 2000an dan awal 2010an. Jika kompetisi di dekade 2000an kebanyakan diikuti oleh para pemain amatir, pengadaan kompetisi profesional dan meningkatnya pemirsa saat ini mendukung munculnya banyak pemain dan tim profesional secara signifikan, dan banyak pengembang permainan video saat ini membangun permainan dengan corak untuk memfasilitasi kompetisi tersebut.

Pesta Olahraga Asia 2018 (bahasa Inggris: 2018 Asian Games), secara resmi dikenal sebagai Pesta Olahraga Asia ke-18, adalah acara olahraga multi-event regional Asia yang akan diselenggarakan di Indonesia pada tanggal 18 Agustus hingga 2 September 2018., di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang, serta beberapa tempat sebagai tuan rumah pendukung yang tersebar di provinsi Jawa Barat dan Banten. Jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan sebanyak 40 cabang, terdiri dari 32 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang olahraga non olimpiade.

Untuk pertama kalinya pula, eSports dan polo kano akan dipertandingkan sebagai olahraga eksibisi. eSports dijadwalkan akan menjadi pertandingan medali pada Asian Games 2022.

Komentar

Embed Widget
x