Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 16 Agustus 2018 | 15:50 WIB

Samsung Perkenalkan RAM untuk Smartphone 5G

Oleh : Ibnu Naufal | Kamis, 19 Juli 2018 | 01:01 WIB
Samsung Perkenalkan RAM untuk Smartphone 5G
(Foto: samsung)

INILAHCOM, Seoul - Melihat bahwa perkembangan teknologi 5G semakin siap, Samsung mengumumkan kehadiran DRAM 8GB LPDDR5 terbaru yang ditujukan untuk smartphone 5G kelas atas yang telah dibenamkan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Dibuat dengan proses fabrikasi 10nm, RAM LPDDR5 besutan Samsung diklaim memiliki data rate 6,4 gigabit per detik atau dua kali lebih kencang dibandingkan LPDDR4 sebelumnya, meski ada generasi perantara LPDDR4X yang sanggup menghasilkan bandwidth 4,2 gigabit per detik.

Meski memiliki bandwidth lebih besar, konsumsi daya RAM LPDDR5 disebut bisa lebih hemat hingga 30 persen dibandingkan dengan LPDDR4X sehingga mampu mengirit baterai.

"Untuk memaksimalkan penghematan data, LPDDR5 10nm dirancang agar mengurangi voltase sesuai dengan kecepatan application processor," papar Samsung dalam keterangan tertulis mereka.

Bandwith besar dan efisiensi daya RAM LPDDR5 digadang-gadang bakal cocok untuk menjalankan aplikasi AI dan machine learning di perangkat mobile, di samping konektivitas 5G.

Saat ini, Samsung belum memulai produksi RAM LPDDR5. Raksasa elektronik Korea Selatan itu baru selesai melakukan uji fungsi dan validasi prototipe paket RAM LPDDR5 8 GB yang terdiri dari delapan buah chip.

Produksi RAM LPDDR5 nantinya direncanakan bakal dilakukan di fasilitas pabrik Samsung di Pyeongtaek, Korea Selatan, bersama dengan jenis-jenis RAM baru lainnya, yakni DDR5 dan GDDR6.

Tags

Komentar

x