Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 14 Agustus 2018 | 13:46 WIB

Piala Dunia 2018, Pengguna Google Translate Naik

Oleh : - | Selasa, 17 Juli 2018 | 15:15 WIB
Piala Dunia 2018, Pengguna Google Translate Naik
(ist)

INILAHCOM, New York - Penggunaan aplikasi penerjemah Google Translate mengalami kenaikan dua kali lipat selama Piala Dunia 2018 dibanding hari-hari biasa, demikian menurut Product Manager Google Translate Julie Cattiau.

Dalam sebulan terakhir, banyak fans termasuk para jurnalis yang meliput Piala Dunia 2018, memanfaatkan Google Translate untuk segala hal. Seperti menanyakan petunjuk lokasi, bercakap-cakap dengan supir taksi, check-in hotel, berkenalan dengan fans dari negara lain dan sebagainya.

Lonjakan pengguna ini rupanya telah diprediksi oleh Google, berkaca dari pengguna Google Translate saat Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil yang juga meningkat.

"Brasil adalah pasar terbesar kami, tapi Rusia akan berada di atasnya sedikit," jelas Cattiau seperti dilansir New York Times.

Tercatat, Google Translate memiliki 500 juta pengguna dan mengalih-bahasakan 143 miliar kata per hari dari 100 lebih bahasa. Aplikasi ini bisa menerjemahkan 37 bahasa via foto, 32 bahasa melalui percakapan suara, dan 27 bahasa via video real-time dengan mode augmented reality.

Jumlah pengguna Google Translate yang berlipat ganda tentu tak mengherankan.

"Tidak banyak orang berbicara bahasa Rusia, dan itu sangat menyulitkan," ujar Hedi Salem dari Prancis.

Apalagi, tak sedikit pula yang tidak bisa berdialog dalam bahasa Inggris.

"Di beberapa kota kecil, beberapa di Moskow dan St. Petersburg, hanya sedikit yang berbicara bahasa Inggris. Kami harus bercakap sedikit bahasa Rusia," imbuh Salem.

Dengan aplikasi penerjemah semacam Google Translate, hubungan sosial antar fans dari berbagai dunia akan semakin akrab.

Hal tersebut diakui oleh Joss Moorkens, asisten profesor program studi School of Applied Language and Intercultural Studies dari Dublin City University, Irlandia.

"Aplikasi penerjemah ini terbilang penting. Saat orang-orang lebih akrab dengan alat penerjemah mobile, mereka akan lebih akrab dengan pengunjung meskipun terkendala pemahaman bahasa," jelasnya.

Komentar

Embed Widget

x