Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 19 Juli 2018 | 22:32 WIB
 

Starbucks Hentikan Pemakaian Sedotan Plastik

Oleh : - | Rabu, 11 Juli 2018 | 17:17 WIB
Starbucks Hentikan Pemakaian Sedotan Plastik
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Seattle - Raksasa kedai kopi global Starbucks mengumumkan bahwa mereka akan meniadakan semua sedotan plastik dari 28.000 gerainya sebelum tahun 2020.

Pengambilan langkah tersebut menjadikan Starbucks sebagai perusahaan raksasa terkini yang bertindak untuk memerangi polusi dari plastik sekali pakai.

Setelah uji coba selama berbulan-bulan, sebagian besar dilakukan di Inggris, Starbucks mengumumkan kabar tersebut di Twitter.

Sedotan plastik akan digantikan tutup yang dapat didaur ulang yang memiliki lubang kecil untuk memungkinkan konsumen menyesap minuman mereka, model yang telah diuji coba pada beberapa minuman dingin perusahaan tersebut di AS dan Kanada.

Sedotan plastik terbukti sulit didaur ulang, bukan karena bahan bakunya, tetapi karena sedotan terlalu ramping untuk dipilah secara efektif dalam proses daur ulang. Tutup baru, yang terbuat dari polypropylene, akan cukup besar untuk mesin untuk didaur ulang, kata Starbucks.

"Starbucks akhirnya menetapkan batas dan menciptakan contoh yang dapat diikuti merek-merek besar lainnya," kata Chris Milne, direktur sumber kemasan Starbucks.

"Kami meningkatkan standar untuk sesuatu yang dapat diterima dan menginspirasi rekan-rekan kami untuk mengikutinya," imbuhnya.

Gerai-gerai Starbucks akan secara otomatis menawarkan tutup hirup baru untuk minuman dingin, tetapi untuk frappuccino, kopi yang dicampur dengan es, toko akan menawarkan sedotan kertas atau yang terbuat dari plastik mudah lebur yang dibuat dari sari pati tanaman yang difermentasi. Pelanggan yang lebih suka menikmati minuman mereka dengan sedotan dapat meminta sedotan kertas.

Dengan tidak langsung menawarkan sedotan untuk minuman, Starbucks diperkirakan akan mengurangi satu miliar sedotan plastik per tahun, demikian laporan AFP.

Komentar

x