Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 19 Juli 2018 | 22:33 WIB
 

Perangi Berita Palsu, YouTube Kucurkan US$25 Juta

Oleh : - | Rabu, 11 Juli 2018 | 14:14 WIB
Perangi Berita Palsu, YouTube Kucurkan US$25 Juta
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, San Francisco - Demi memerangi berita palsu. YouTube meluncurkan update dan mengumumkan kerja sama baru untuk meningkatkan kredibilitas berita yang muncul di layanannya.

Tak hanya itu, mereka juga akan berusaha menghentikan tersebarnya berita palsu. Di AS, YouTube akan menunjukkan artikel berita yang relevan di samping video berita lokal.

Sementara dalam tingkat internasional, mereka akan menampilkan tautan ke beberapa artikel pemeriksa fakta ketika pengguna mencari video yang berisi klaim palsu, seperti pendaratan di Bulan hanyalah konspirasi.

Masyarakat di 17 negara, seperti AS dan Inggris, juga akan mendapatkan akses ke fitur Breaking News dan Top News. Kedua fitur itu akan menunjukkan video yang relevan di halaman Home Anda.

Selain itu, YouTube juga akan terus memperbaiki cara mereka menyajikan berita di masa depan.

Mengutip Engadget, YouTube menggelontorkan dana sebesar US$25 juta atau sekitar Rp358 miliar dalam program untuk membuat kelompok kerja --yang menyertakan organisasi seperti Vox dan India Today-- untuk memperbaiki pengalaman pengguna ketika mencari berita di YouTube.

Dana itu juga akan digunakan untuk membiaya media agar mereka bisa membuat video dan memperluas dukungan untuk media.

YouTube juga memiliki strategi untuk memberikan edukasi literasi digital, dengan bantuan dari organisasi seperti Stanford Institute, untuk membantu para remaja berpikir kritis tentang video yang mereka tonton.

Tags

Komentar

x