Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 26 September 2018 | 06:18 WIB

Peretas Bobol SPBU, Curi 600 Galon Bensin

Selasa, 10 Juli 2018 | 14:14 WIB

Berita Terkait

Peretas Bobol SPBU, Curi 600 Galon Bensin
(ist)

INILAHCOM, Detroit - Kepolisian Detroit, di negara bagian Michigan, AS, memburu dua tersangka yang diduga meretas sebuah SPBU untuk mencuri lebih dari 600 galon bensin senilai sekitar US$1.800.

Pencurian tersebut terjadi di tengah hari dan berlangsung selama sekitar 90 menit, saat petugas SPUB dilaporkan tidak berhasil menggagalkan para peretas.

Gizmodo melansir, pencurian terjadi pada 23 Juni lalu sekitar pukul 13.00 waktu setempat di SPBU Marathon yang terletak sekitar 15 menit dari pusat Kota Detroit.

Setidaknya 10 mobil yang saat itu tengah mengisi bahan bakar di SPBU diyakini mendapat keuntungan dari pompa bensin yang mengalir bebas.

Dalam peretasan tersebut diketahui bahwa pencuri menggunakan semacam perangkat jarak jauh yang memungkinkan membajak pompa dan mengambil kendali dari karyawan SPBU.

Polisi mengatakan, perangkat tersebut mencegah petugas menggunakan sistem SPBU untuk mematikan pompa individual.

Tak sampai di situ, informasi lain menyebutkan peretas itu mengincar perangkat lunak di bagian manajemen SPBU.

"Saya mencoba untuk menghentikannya tetapi itu tidak berhasil," kata Aziz Awadh, karyawan SPBU tersebut.

"Saya mencoba menghentikannya di sini dari layar tetapi layar tidak berfungsi. Saya mencoba menghentikannya dari sistem, tidak ada yang berfungsi," tambah dia.

Awadh menyebut bahwa sistem tidak merespons, kemudian menggunakan peralatan darurat sehingga bisa mematikan pompa, lalu memanggil polisi.

Komentar

x