Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 10 Desember 2018 | 20:39 WIB

Melihat Peluncuran Roket Jepang yang Gagal Landas

Oleh : Ibnu Naufal | Rabu, 4 Juli 2018 | 13:13 WIB

Berita Terkait

Melihat Peluncuran Roket Jepang yang Gagal Landas
(Foto: sciencealert)

INILAHCOM, Tokyo - Meskipun peluncuran roket dapat terlihat mudah, meluncurkan sesuatu ke ruang angkasa adalah bisnis yang berisiko. Dan kadang-kadang, semuanya bisa sangat salah.

Perusahaan startup Jepang belajar hal ini dengan cara yang salah pada 30 Juni, ketika roket MOMO-2-nya secara spektakuler jatuh kembali ke Bumi setelah hanya menghabiskan beberapa saat dari landasan peluncuran.

Beruntung bagi semua orang yang terlibat, tidak ada yang terluka, karena roket itu tidak dilepaskan.

Roket 10 meter (32 kaki) dikembangkan oleh sebuah perusahaan bernama Interstellar Technologies, dengan tujuan untuk membuat roket kecil, ringan, dan murah yang dapat mengirim satelit ke luar angkasa.

Ini adalah upaya kedua mereka dalam peluncuran roket murah. MOMO pertama berhasil meninggalkan landasan peluncuran, dan setidaknya berhasil sebagian.

Sayangnya, video dari upaya peluncuran terbaru menunjukkan MOMO-2 meninggalkan landasan peluncuran, tetapi kemudian kembali ke Bumi sekitar enam detik kemudian yang tragis.

Ini bukan berita bagus bagi perusahaan, yang bertujuan untuk menempatkan satelit ke orbit Bumi rendah pada tahun 2020.

Interstellar Technologies bertujuan untuk menghabiskan sebagian kecil dari harga satelit pemerintah - menurut Engadget, MOMO yang asli berharga US$440.000 vs pemerintah Jepang US$1,8 juta minimum.

Komentar

x