Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 16 Juli 2018 | 09:50 WIB
 

Facebook Minat Beli Hak Siar Liga Primer Inggris

Oleh : - | Selasa, 3 Juli 2018 | 17:17 WIB
Facebook Minat Beli Hak Siar Liga Primer Inggris
(ilustrasi)

INILAHCOM, San Francisco - Facebook tampaknya ingin terus melebarkan sayap bisnis mereka di industri penyiaran. Raksasa jejaring sosial itu dilaporkan tertarik dengan peluang bisnis siaran sepak bola dan tengah dalam proses untuk membeli hak siar Liga Primer Inggris.

Menurut sumber yang tak mau disebutkan identitasnya, proses negosiasi ini kabarnya akan berlangsung dalam beberapa pekan ke depan. Kontrak yang tengah diupayakan Facebook akan berlangsung selama tiga tahun, atau tiga musim pertandingan.

Mengutip Bloomberg, jika proses negosiasi berhasil, Facebook akan memegang hak siar Liga Primer, baik di lingkup Inggris maupun internasional. Namun, kabar lainnya menyebutkan lisensi yang dibeli Facebook akan sebatas izin penyiaran di wilayah Thailand, Kamboja, Laos, dan Vietnam.

Jika kabar ini benar, maka besar kemungkinan Facebook akan menyiarkan seluruh pertandingan lewat fitur live streaming yang akan tampil di lini masa pengguna.

Tidak disebutkan berapa dana yang akan digelontorkan Facebook untuk bisa mendapatkan hak siar Liga Primer ini. Namun sebagai gambaran, BeIN Sports sebagai salah satu pemegang lisensi penyiaran kabarnya membayar sekitar US$250 juta atau setara Rp3,6 triliun untuk tiga musim.

Sebenarnya, rencana Facebook untuk masuk dalam bisnis penyiaran khususnya Liga Primer Inggris ini sudah dicanangkan sejak 2017 lalu. Ketika itu, Kepala Bidang Olahraga di Facebook, Dan Reed, mengungkap adanya kemungkinan mengajukan diri untuk mendapat hak siar Liga Primer.

Sementara ini, hak siar Liga Primer masih dipegang oleh BT Sport dan Sky Sports. Keduanya kemudian memberi lisensi pada stasiun televisi lain untuk menayangkan siaran Liga Primer.

Liga Primer Inggris sejauh ini memang menjadi liga domestik yang paling menguntungkan dari sisi bisnis penyiaran. Facebook pun terbilang cukup berpengalaman dalam menayangkan siaran langsung pertandingan olahraga.

Sebut saja beberapa pertandingan sepak bola Liga Champions Eropa yang ditayangkan secara live stream yang bekerja sama dengan Fox Sports. Ada juga beberapa pertandingan bisbol di liga utama AS yang juga ditayangkan oleh jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg ini.

Komentar

Embed Widget

x