Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 16 Juli 2018 | 09:38 WIB
 

Facebook Hentikan Proyek Drone Pemancar Internet

Oleh : - | Sabtu, 30 Juni 2018 | 06:00 WIB
Facebook Hentikan Proyek Drone Pemancar Internet
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, San Francisco - Facebook mengumumkan akan berhenti mencoba mengembangkan drone pemancar internet mereka.

Kabar ini diumumkan oleh Facebook melalui blog resminya yang ditulis oleh Director of Engineering Facebook Yael Maguire.

Mengutip The Verge, proyek drone pemancar internet bernama Aquila ini dimulai pada empat tahun lalu. Pada awalnya, Aquila adalah proyek untuk membuat drone dengan tenaga surya yang dapat terbang tinggi untuk memancarkan internet.

Dengan menggunakan tenaga matahari, drone ini diharapkan akan bisa terbang lebih lama. Drone tersebut dibuat untuk menyediakan layanan internet ke kawasan terpencil di dunia.

Aquila adalah salah satu cara Facebook untuk membantu masyarakat di negara berkembang dan kawasan terpencil untuk mendapatkan akses internet. Dengan demikian, mereka bisa jadi pengguna Facebook.

Facebook sempat menerbangkan drone prototipe mereka dua kali dalam uji penerbangan publik yang dilakukan pada 2016. Dalam pengujian ini, drone mengalami kerusakan yang serius ketika mendarat.

Dan kini, ketimbang mencoba membuat drone sendiri, Facebook berkata bahwa mereka akan fokus bekerja sama dengan perusahaan dirgantara untuk mengembangkan sistem pemancar internet dari ketinggian.

"Ketika kami mengembangkan program ini, perusahaan-perusahaan ternama di bidang dirgantara juga ikut mulai mengembangkan teknologi ini, termasuk desain dan pembuatan pesawat untuk ketinggian tinggi," kata Maguire.

"Karena itu, kami memutuskan tidak mendesain atau membuat pesawat kami sendiri dan menutup fasilitas kami di Bridgewater," pungkasnya.

Komentar

Embed Widget

x