Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 19 November 2018 | 16:47 WIB

Kuis Facebook Ekspos Data 120 Juta Pengguna

Jumat, 29 Juni 2018 | 19:45 WIB

Berita Terkait

Kuis Facebook Ekspos Data 120 Juta Pengguna
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, San Francisco - Developer kuis Facebook yang menggunakan nama NameTests diketahui telah mengekspos informasi pribadi dari 120 juta pengguna.

Perusahaan asal Jerman di balik NameTests, yakni Social Sweethearts, membuat kuis sosial populer seperti 'Siapa Puteri Disney yang Menggambarkan Dirimu?' lalu membagikannya ke Facebook. Mereka memiliki sekitar 120 juta pengguna bulanan di Facebook.

Seseorang yang mengklaim dirinya sebagai peretas, Inti De Ceukelaire, menulis sebuah artikel dan menjelaskan bagaimana kuis-kuis yang dibuat oleh Social Sweethearts mengumpulkan informasi pengguna seperti nama, tanggal ulang tahun, foto dan daftar teman lalu menampilkan informasi itu dalam file JavaScript, yang mudah didapatkan oleh pihak ketiga.

Menurut laporan The Verge, Ceukelaire telah berusaha untuk menghubungi Facebook tentang hal ini beberapa kali.

Facebook memberitahukan padanya bahwa mereka akan memeriksa hal ini. Setelah skandal Cambridge Analytica --ketika data dari puluhan juta pengguna Facebook dikumpulkan dan dijual ke pihak ketiga-- cara Facebook melindungi privasi penggunanya mendapat perhatian.

Ceukelaire mengatakan bahwa dia baru menyadari NameTests mengubah cara mereka memproses data untuk tak lagi mengekspos informasi pengguna beberapa bulan setelah dia melaporkan masalah ini.

Social Sweethearts menjelaskan bahwa tidak ada bukti informasi pribadi pengguna diberikan pada pihak ketiga atau data itu digunakan untuk kegiatan ilegal.

"Sebagai orang yang bertanggung jawab atas perlindungan data di Social Sweethearts, saya akan menyatakan bahwa masalah ini tengah diselidiki," tulis pernyataan dari perusahaan itu.

Komentar

Embed Widget
x