Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 18 November 2018 | 16:01 WIB

Gojek: 90% Orderan Fiktif Berhasil Dihentikan

Oleh : Ibnu Naufal | Sabtu, 9 Juni 2018 | 22:40 WIB

Berita Terkait

Gojek: 90% Orderan Fiktif Berhasil Dihentikan
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Order fiktif (opik) demi mendongkrak performaagar mendapatkan bonus belakangan kian marak di kalangan sopir ojek online.

Menanggapi beragam kecurangan yang dilakukan mitra pengemudi Director Corporate Affairs GojeK, Nila Marita mengklaim bahwa perusahaannya sudah berhasil menangkal sebagian besar order fiktif sebelum sampai ke mitra pengemudi Gojek.

"Sistem kami sudah lebih baik dalam mengidentifikasi dan menangani ofik, dimana 90% ofik sudah berhasil kami hentikan sebelum sampai ke aplikasi mitra pengemudi Gojek," tulisnya dalam siaran persnya, Jumat (8/6).

Sebelumnya, berdasarkan survei Institute for Development of Economics and finance (lNDEF) pengemudi Gojek disebut lebih sering mendapat ofik ketimbang Grab.

Sebanyak 42 persen responden mengatakan order fiktif paling sering ditemukan di aplikasi Gojek. Sementara 28,3 persen responden menemukan order fiktif di Grab. Survei dilakukan terhadap 516 pengemudi Gojek dan Grabplatform Gojek disebut memiliki ofik

Gojek menyebut bahwa sistem mereka mendeteksi kalau lebih dari 80 persen sebaran ofik terkonsentrasi di area-area dan jam tertentu.

"Kami mencurigai kalau aksi ofik ini sengaja dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang memiliki misi hanya untuk membawa order fiktif ke platform GO-JEK," lanjutnya.

Lebih lanjut Nila menyebut bahwa permasalahan ofik adalah masalah kompleks. Menurutnya hal ini dilakukan oleh pengemudi Gojek yang sengaja curang juga pengguna Gojek yang menyalahgunakan aplikasi.

"Teknologi kami terus mendeteksi akar permasalahan ofik," tuturnya.

Hingga Juni 2018, GO-JEK telah memberikan sanksi ke ratusan ribu pelaku order fiktif, baik pengemudi maupun customer.

"Sebagai platform penyedia multi-layanan terbesar di Indonesia, kami akan terus berupaya menyempurnakan sistem kami, serta terus bekerja sama dengan pihak yang berwenang agar mitra kami dapat nyaman dalam bekerja dan pelanggan mendapatkan layanan terbaik," tekad Nila.

Komentar

Embed Widget
x