Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 25 Juni 2018 | 05:45 WIB
 

Cara Makan Monyet Ini Mirip Manusia Purba

Oleh : Taufiqqurakhman | Rabu, 6 Juni 2018 | 19:00 WIB
Cara Makan Monyet Ini Mirip Manusia Purba
(YouTube)

INILAHCOM, Jakarta - Manusia purba menurut para ilmuwan gunakan batu untuk memakan makanan dari hewan cangkang keras. Monyet Kra pun memuliki cara yang mirip.

Saluran BBC Earth di YouTube melalui video unggahan terbarunya dengan nama program acara BBC Documentary Wild Thailand perlihatkan cara makan Monyet Kra yang gunakan batuan untuk memecahkan cangkang hewan-hewan laut untuk mereka makan.

Monyet kra (Macaca fascicularis) adalah monyet asli Asia Tenggara namun sekarang tersebar di berbagai tempat di Asia. Nama lokalnya dalam bahasa Melayu, kra atau kera, adalah tiruan bunyi yang dikeluarkan oleh hewan ini.

Dalam literatur-literatur lama, spesies ini acap disebut sebagai kera ekor panjang atau monyet ekor panjang (long-tailed macaque), monyet pemakan kepiting (crab-eating monkey), atau monyet saja.

Monyet kra umum ditemukan di hutan-hutan pesisir (mangrove, hutan pantai), dan hutan-hutan sepanjang sungai besar; di dekat perkampungan, kebun campuran, atau perkebunan; pada beberapa tempat hingga ketinggian 1.300 m dpl.

Jenis ini sering membentuk kelompok hingga 20-30 ekor banyaknya; dengan 2-4 jantan dewasa dan selebihnya betina dan anak-anak.

Kra memakan aneka buah-buahan dan memangsa berbagai jenis hewan kecil seperti ketam, serangga, telur dan lain-lain.

Tonton videonya di bawah ini:

Komentar

 
Embed Widget

x