Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 18 November 2018 | 04:50 WIB

Kerangka Dinosaurus Misterius Terjual US$2,3 Juta

Rabu, 6 Juni 2018 | 17:17 WIB

Berita Terkait

Kerangka Dinosaurus Misterius Terjual US$2,3 Juta
(ist)

INILAHCOM, Paris - Kerangka sepanjang 30 kaki atau sekitar 9 meter dari jenis dinosaurus yang tidak dikenal, yang diyakini sebagai spesies baru, berhasil terjual US$2,3 juta dalam sebuah lelang di lantai pertama Menara Eiffel di Paris, Prancis.

Fosil yang digali di AS bagian Barat tahun 2013 itu hanya diketahui sebagai fosil dinosaurus karnivora besar. Para ilmuwan yang telah mempelajarinya mengatakan ada beberapa perbedaan antara jenis dinosaurus itu dengan spesies yang selama ini dikenal.

"Pembelinya adalah warga Prancis dan dia memberi tahu saya sebelum penjualan... 'Jika saya berhasil membelinya, saya akan menampilkannya untuk publik' dan ini menakjubkan," kata juru lelang, Claude Aguttes.

"Semua orang akan bisa melihatnya, itu akan segera dipinjamkan ke museum, akan bisa dipelajari oleh para ilmuwan, semuanya sempurna," ia menambahkan.

Pembeli dan penjualnya, yang hanya diidentifikasi sebagai pebisnis Inggris, tidak diungkapkan namanya.

Sebelumnya kerangka tersebut diperkirakan terjual sampai US$2,1 juta dalam lelang. Rumah lelang Prancis, Aguttes, yang sebelumnya menjual satu kerangka mammoth dan dinosaurus yang lain, sebelum lelang menyatakan bahwa pembelinya akan bisa menamai spesies dinosaurus baru tersebut, memicu keberatan dari asosiasi ilmuwan AS.

The Society of Vertebrate Paleontology dalam pernyataan mereka menyatakan bahwa itu menabrak aturan penamaan spesies baru dan menyeru lelang dibatalkan, mengatakan kepemilikan pribadi bisa membatasi capaian studi ilmiah sekalipun kerangka itu kemudian dilepaskan untuk penelitian.

Sebagian dari hasil lelang akan disumbangkan ke dua kegiatan amal yang ditujukan untuk melindungi satwa-satwa yang terancam punah seperti cheetah dan margasatwa laut lain. [tar]

Komentar

Embed Widget
x