Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 25 Juni 2018 | 05:43 WIB
 

Siemens Dorong Perubahan Digital dengan IoT

Oleh : Ibnu Naufal | Jumat, 1 Juni 2018 | 15:15 WIB
Siemens Dorong Perubahan Digital dengan IoT
(ist)

INILAHCOM, Jakarta - Baru-baru ini divisi Building Technologies Siemens mengakuisisi Enlighted Inc. untuk menghadirkan solusi berupa sistem operasi IoT (Internet of Things) bagi gedung dan perkantoran.

Perusahaan ini berhasil mengoperasikan bisnis di industri bangunan pintar (smart building) dengan cara menghadirkan sistem sensor digital canggih ke pasar.

Siemens dan Enlighted sepakat untuk tidak mengungkapkan rincian mengenai akuisisi ini. Proses akuisisi diharapkan akan selesai pada kuartal ketiga 2018. Enlighted akan tetap beroperasi sebagai sebuah badan hukum independen dan menjadi anak perusahaan dari Siemens Industry, Inc.

"Enlighted memiliki rekam jejak yang kuat dalam merevolusi building intelligence dengan cara mengembangkan platform IoT multi-sensor, yang menggunakan kekuatan data," ungkap Matthias Rebellius, CEO Siemens Building Technologies.

"Melalui langkah ini, kami membuktikan komitmen perusahaan dalam mendorong digitalisasi di industri bangunan pintar," imbuhnya.

Enlighted berhasil menjadi salah satu perusahaan teknologi terkemuka di dunia berkat platform IoT yang dikhususkan bagi industri properti komersial. Platform ini terdiri dari sensor multi-fungsi, komputasi terdistribusi, jaringan khusus, dan aplikasi perangkat lunak.

Adapun yang menjadi unggulan di platform Enlighted ini adalah sensor cerdas yang mengalirkan data ke cloud secara aman.

Selain itu, platform ini memperkecil penggunaan energi, pemanfaatan ruang yang lebih baik, perbaikan dalam pengelolaan lingkungan serta mengoptimalkan penggunaan aset.

"Dengan Siemens sebagai mitra global kami, maka akan mempercepat inovasi dan adopsi pasar terhadap teknologi bangunan pintar Enlighted dalam skala internasional," kata Joe Costello, Chairman dan CEO Enlighted Inc.

Enlighted melakukan analisis dan visualisasi data sensor yang berhasil dikumpulkan guna menurunkan biaya operasi dan meningkatkan kualitas hidup penghuni bangunan.

Sensor ini, dapat dipasang di setiap unit pencahayaan, memiliki kemampuan untuk mengumpulkan data sebanyak 65 kali per detik untuk mendeteksi perubahan pada lingkungan dan hunian serta bereaksi terhadap kebutuhan pencahayaan dan HVAC (heating, ventilation & air-conditioning) secara real-time.

Berkat aplikasi kontrol pencahayaan yang pintar dan canggih, saat ini, platform Enlighted berhasil menurunkan biaya untuk pencahayaan di bangunan hingga 85 persen apabila digabungkan dengan penggunaan LED canggih.

Selain itu, platform ini juga mampu menemukan orang dan aset di dalam gedung serta menganalisa tingkat hunian lantai dan kamar. Dan jika dikombinasikan dengan solusi dari Siemens, platform Enlighted dapat mengoptimalkan efisiensi energi dari sistem HVAC.

Interaksi antara bangunan dan manusia sangat penting untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi energi serta kenyamanan dalam sebuah bangunan. Sejak awal, Enlighted benar-benar berfokus dalam memahami bagaimana sebuah bangunan dapat dibuat lebih efisien dan orang-orang yang bekerja di dalamnya lebih produktif.

Platform IoT pintar milik Enlighted yang dilengkapi dengan sistem sensor digital, dan dapat dipasang pada setiap unit pencahayaan, merupakan komponen utama dari revolusi building intelligence melalui peningkatan komunikasi antara manusia dan bangunan.

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x