Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 21 November 2018 | 01:00 WIB

Telur Turunkan Risiko Stroke dan Serangan Jantung

Jumat, 25 Mei 2018 | 18:00 WIB

Berita Terkait

Telur Turunkan Risiko Stroke dan Serangan Jantung
(shutterstock)

INILAHCOM, Beijing - Sebuah penelitian terbaru di China menyebutkan bahwa mengonsumsi telur bermanfaat untuk mencegah stroke dan penyakit jantung.

Mengutip National Geographic, para peneliti dari Peking University Health Science Center di Beijing, China, menemukan fakta bahwa makanan yang dianggap bisa menaikkan kadar kolesterol tidak sehat ini, ternyata mampu melindungi jantung.

Hasil studi menunjukkan, konsumsi telur per hari berkaitan dengan penurunan risiko stroke sebanyak 26 persen. Sementara pada penyakit kardiovaskular, risikonya menurun hingga 18 persen.

"Penelitian kami menemukan bahwa ada hubungan antara tingkat konsumsi telur yang sedang (satu telur per hari) dengan risiko jantung yang lebih rendah," tulis Profesor Liming Li dan Canging Yu, pemimpin penelitian.

Studi yang dipublikasikan pada jurnal Heart ini meneliti pola makan 416 ribu partisipan berusia 30 hingga 79 tahun. Mereka diberi pertanyaan mengenai konsumsi telur. Selanjutnya, kesehatan mereka didokumentasikan selama sembilan tahun.

Sekitar 13 persen partisipan yang makan satu telur per hari, diketahui lebih sedikit kemungkinannya untuk menderita stroke hemoragik yang terjadi ketika ada pendarahan di dalam atau sekitar otak. Risiko kematian mereka pun berkurang hingga 28 persen.

Komentar

Embed Widget
x