Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 14 Agustus 2018 | 18:28 WIB

Demi Transparansi dan Integritas

Kaspersky Lab Pindahkan Infrastruktur ke Swiss

Oleh : - | Jumat, 25 Mei 2018 | 07:30 WIB
Kaspersky Lab Pindahkan Infrastruktur ke Swiss
(ist)

INILAHCOM, Jakarta - Sebagai bagian dari inisiatif transparansi global, Kaspersky Lab melakukan perubahan terhadap infrastrukturnya dengan memindahkan sejumlah proses intinya dari Rusia ke Swiss.

Adapun pemindahan yang dilakukan Kaspersky mencakup penyimpanan data pelanggan, pemrosesan bagi beberapa kawasan, serta pembuatan software, termasuk update deteksi ancaman siber.

Demi memastikan transparansi dan integritas penuh, aktivitas ini diawasi oleh pihak ketiga independen yang berbasis di Swiss.

Inisiatif transparansi global pertama kali diiumumkan pada Oktober 2017 yang menunjukkan komitmen berkelanjutan Kaspersky untuk memastikan integritas dan tingkat kepercayaan pada produknya.

Perkembangan baru yang dilakukan oleh Kaspersky ini sekaligus memberikan jawaban dari berbagai tantangan mengenai isu kepercayaan dengan menunjukkan komitmen perusahaan untuk bekerja sama dengan pihak lain.

Dalam keterangan resminya, CEO Kaspersky Lab Eugene Kaspersky menyebut bahwa kepercayaan sangat penting di keamanan siber, dan pihaknya mengerti bahwa kepercayaan tidak diberikan, melainkan harus diraih melalui transparansi dan akuntabilitas.

"Dalam industri yang berubah dengan cepat seperti sekarang ini, kita harus beradaptasi dengan kebutuhan yang berkembang dari klien, para stakeholder, dan mitra kami. Transparansi adalah salah satu kebutuhan tersebut, karena itu kami memutuskan untuk merancang ulang infrastruktur kami dan memindahkan fasilitas pemrosesan data kami ke Swiss," kata Eugene Kaspersky.

Langkah baru ini dimulai dengan pemindahan penyimpanan data dan pemrosesan untuk beberapa kawasan, serta relokasi pembuatan perangkat lunak dan membuka pusat transparansi pertama dari Kaspersky Lab.

"Kami percaya langkah ini akan menjadi tren global untuk keamanan siber dan menunjukkan kebijakan mengenai kepercayaan menjadi syarat utama dalam industri ini," lanjutnya.

Pada akhir 2019 nanti, Kaspersky akan mendirikan pusat data di Zurich, Swiss. Pusat data ini akan menyimpan seluruh informasi pengguna dan melakukan pemrosesan untuk kawasan Eropa, Amerika Utara, Singapura, Australia, Jepang, Korea Selatan dan beberapa negara lainnya akan menyusul.

Informasi ini dibagikan secara sukarela oleh para pengguna dengan Kaspersky Security Network (KSN) yaitu sistem canggih berbasis cloud yang memroses data terkait ancaman siber secara otomatis.

Kaspersky juga akan merelokasi pembuatan perangkat lunaknya yang merupakan programming tool untuk membuat perangkat lunak siap pakai dari source code ke Zurich.

Sebelum tahun ini berakhir, produk Kaspersky dan database deteksi ancaman (AV database) akan mulai diproduksi dan disertai dengan tanda tangan digital di Swiss sebelum didistribusikan ke pelanggan di seluruh dunia.

Relokasi ini juga memastikan bahwa seluruh perangkat lunak yang baru dibuat mendapatkan verifikasi oleh organisasi independen dan telah melalui proses pembaruan yang sesuai dengan source code untuk nanti dapat diaudit.

Setiap source code dari produk Kaspersky dan pembaruan perangkat lunak akan ditinjau oleh para stakeholder yang bertanggung jawab di Pusat Transparansi berlokasi di Swiss yang diharapkan akan resmi dibuka tahun ini.

Langkah ini juga sekaligus menunjukan bahwa produk Kaspersky dibuat dan digunakan untuk satu tujuan yaitu melindungi para pelanggan dari ancaman siber.

Kaspersky akan diawasi secara independen oleh pihak ketika yang memenuhi kualifikasi dalam teknis sebuah perangkat lunak.

Karena transparansi dan kepercayaan menjadi syarat universal di industry keamanan siber, Kaspersky juga membuka kesempatan bagi organisasi nirlaba serta mitra lainnya untuk dapat berkontribusi di dalam setiap aktivitasnya.

Sebagai penyedia solusi keamanan siber global terkemuka, Kaspersky selalu berkomitmen pada praktik industri yang dapat dipercaya, termasuk perlindungan setiap data yang ditransmisikan, kebijakan internal yang ketat terhadap akses data, pengujian keamanan infrastrukturnya yang berkelanjutan, dan masih banyak lagi.

Dengan langkah-langkah baru ini, Kaspersky Lab bertujuan meningkatkan ketahanan infrastruktur teknologi informasinya dari risiko kepercayaan dan meningkatkan transparansi untuk klien saat ini dan mendatang serta bagi masyarakat umum.

Komentar

x