Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 25 September 2018 | 04:58 WIB

China Luncurkan Satelit Jelajahi Sisi Gelap Bulan

Selasa, 22 Mei 2018 | 04:04 WIB

Berita Terkait

China Luncurkan Satelit Jelajahi Sisi Gelap Bulan
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Beijing - China meluncurkan sebuah satelit baru untuk menguak sisi misterius bulan. Satelit ini akan berfungsi sebagai jalur komunikasi antara Bumi dan perangkat eksplorasi bulan yang akan diluncurkan kemudian.

China National Space Administration (CNSA) melaporkan bahwa satelit bernama Queqiao itu dibawa oleh roket Long March-4C yang mengudara dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang di bagian barat daya China pada Senin (21/5/2018) pukul 05.28 waktu setempat.

"Peluncuran ini adalah langkah kunci bagi China untuk mewujudkan target menjadi negara pertama yang mengirim perangkat ke daratan lunak dan menjelajahi sisi jauh bulan," kata Zhang Lihua, manajer proyek satelit tersebut, seperti dilansir Xinhua.

Selanjutnya Queqiao akan menetap di orbit yang berada sekitar 455.000 kilometer dari Bumi dan akan menjadi satelit komunikasi pertama di dunia yang beroperasi di sana.

Satelit dengan bobot sekitar 400 kilogram itu dirancang untuk dapat beroperasi selama tiga tahun dan membawa beberapa jenis antena. Salah satunya berbentuk seperti payung besar dengan diameter 5 meter.

Menurut wakil kepala insinyur cabang Xi'an China Academy of Space Technology (CAST), Chen Lan, antena tersebut merupakan antena komunikasi terbesar yang pernah digunakan dalam eksplorasi ruang angkasa.

China berambisi untuk bisa bersaing dengan Rusia dan AS untuk menjadi kekuatan utama antariksa pada tahun 2030. Negeri Tirai Bambu itu juga berencana meluncurkan konstruksi pesawat antariksa berawak mereka yang akan dijadikan stasiun luar angkasanya sendiri pada tahun depan.

Komentar

x