Find and Follow Us

Minggu, 16 Juni 2019 | 04:20 WIB

Review Produk

HP 14-BW017AU: Sederhana, Bertenaga dan Terjangkau

Oleh : Ibnu Naufal | Sabtu, 19 Mei 2018 | 12:30 WIB
HP 14-BW017AU: Sederhana, Bertenaga dan Terjangkau
(inilahcom/ibnu naufal)

SETIAP orang biasanya menginginkan sebuah notebook yang memiliki spesifikasi tinggi. Hal itu dikarenakan perangkat tersebut menjanjikan performa yang memukau, cepat, serta dapat melahap berbagai multiasking, mulai dari yang ringan hingga yang berat.

Hanya saja, lazimnya perangkat notebook seperti itu pastinya tidak akan dibanderol dengan harga murah. Disebabkan rincian spesifikasinya yang tinggi, biasanya dilengkapi prosesor terbaru, kartu grafis mutakhir, dan kapasitas memori serta storage yang besar, wajarlah bila laptop demikian akan dilego dengan harga selangit.

Kali ini, di meja redaksi INILAHCOM kedatangan salah satu laptop besutan Hewlett-Packard atau lebih dikenal dengan sebutan HP.

Lengkapnya adalah seri HP 14-BW017AU. Lantas apa yang ditawarkan oleh HP dengan laptop kelas entry level yang dirancang untuk kelas gaming pemula ini? Simak ulasan kami berikut ini.

Desain, Tampilan, dan Bobot


Ketika melihatnya pertama kali, penulis langsung mengira bahwa HP 14-BW017AU adalah laptop pada segmen kelas menengah ke atas.

Kami terkesan dengan Warna abu-abu matte dengan tekstur kasar membuatnya terasa elegan serta tidak mudah kotor dari sidik jari dan nyaman untuk dipegang karena memberikan genggaman tambahan yang nyaman meski build quality-nya masih sedikit ringkih.

Melihat kebagian dalam laptop mempunyai aksen unik yang tidak biasa dengan motif bergelombang yang jarang ditemui pada sebuah laptop.

Sebagai laptop dengan layar 14 inci, ukurannya masih lumayan ramping dengan bobot hanya mencapai 1,9 kg. Tak heran jika notebook ini cukup ringkas dan menghemat ruang ketika dimasukkan ke dalam ransel.

HP 14-BW017AUA menyediakan antarmuka yang cukup banyak. Notebook ini menyediakan dua port USB 3.1, satu port HDMI untuk proyeksi visual, satu slot Micro SD, dan jack audio 3,5 inci dan masih ada DVD writer.

Laptop anyar ini juga menyediakan port adapter untuk mengisi baterai, dan HP menggunakan antamuka adapter yang seperti laptop pada umumnya, walau secara sekilas bentuknya mirip dengan Micro USB.

Pada bagian bawah, Anda akan melihat dua speaker terpisah dengan posisi yang lumayan strategis.

Beralih ke sektor keyboard. Tombol-tombol keyboard milik HP 14-BW017AU ini cukup empuk dan nyaman untuk digunakan mengetik. Ukuran touchpad juga terbilang besar sehingga pengguna dapat lebih leluasa menggerakkan pointer.


Performa & Baterai

HP 14-BW017AU ini menggunakan prosesor APU AMD A9-9420. Prosesor tersebut menggunakan codename Stoney Bridge, dengan CPU berkecepatan 3.0 GHz dan GPU Radeon R5 dengan 192 shader unit.

Konsumsi daya yang dirancang pada kecepatan standar adalah 2,2W. Oleh karena itu, notebook ini juga salah satu produk yang hemat daya.

HP mengklaim 14-BW017AU sanggup bekerja hingga 12 jam tanpa henti, sementara hasil pengujian kami membuktikan bahwa klaim ini hampir tepat.

Saat INILAHCOM mengujinya, notebook ini mampu bertahan hingga 9,2 jam saat sedang idle, serta mampu membukukan diri hingga 4,1 jam untuk performa kasual seperti browsing, gaming kasual, dan sebagainya.

Untuk kebutuhan kantoran seperti menyimpan file dokumen atau sejenisnya, kapasitas ini sudah sangat cukup, bahkan masih bisa ditambah dengan puluhan lagu dan beberapa film.

RAM DDR4 yang digunakan belum mendukung konfigurasi dual channel, hanya single channel. Kecepatan RAM maksimal yang didukung yaitu 1866Mhz, jadi meskipun RAM yang tepasang mendukung kecepatan hingga 2400Mhz tetap akan terdeteksi 1866Mhz.

Fokus pasar HP 14-BW017AU adalah para pekerja mobile yang menginginkan notebook ringan dan sanggup mengerjakan kebutuhan kantoran maupun untuk bermain game.

Jurnalis adalah salah satu dari mereka, dan penulis akui bahwa HP 14-BW017AU sangat nyaman ketika dimemakai setiap kali liputan, bahkan untuk keperluan ke luar kota.

Meski demikian, jangan mengharapkan bahwa notebook ini bisa menjalankan game berat. Di sisi lain, game kelas ringan masih bisa ditopang prosesor dan GPU grafis Radeon R5.

Saat INILAHCOM jajal untuk game PES 2017 masih cukup layak dimainkan meski untuk setingan low dan medium dengan resolusi 1280x720p. Sementara saat bermain DOTA 2 masih bisa mendapatkan sekitar 30 fps dengan catatan setingan low.

HP 14-BW017AU sudah menyematkan sistem operasi Windows 10 Pro dengan Office 365 dengan masa berlangganan selama satu tahun juga telah tersedia. Pengguna hanya perlu memasang beberapa aplikasi pelengkap yang dianggap penting.

Dari segi fisik, notebook ini menyediakan touchpad yang yang lumayan besar, sehingga gerak jari pengguna ketika menggeser kursor cukup luas.

Untuk menambah referensi performa berikut hasil benchmark dari HP 14-BW017AU.


Spesifikasi

Nama model

HP 14-BW017AU

Harga

Rp 3,99 Juta

Operating system

Windows 10 Pro

Processor:

AMD A9-9420 (3.0Ghz up to 3.6Ghz)

Color

Gray

RAM

4GB DDR4 2400Mhz

Hard drive:

500 GB 5400 rpm SATA

Graphics

AMD Radeon R5 (Stoney Ridge) Shared 2GB DDR3

Display

14 inch HD SVA BrightView WLED-backlit (1366 x 768)

Wireless Connectivity:

802.11b/g/n, Bluetooth 4.0

Audio features

DTS Studio Sound; Dual Speaker

Ports

1x VGA; 1x HDMI; 1x headphone/microphone combo; 2x USB 2.0; 1x USB 3.0; 1x RJ-4

Power supply:

45 W AC power adapter

Battery

4-cell, 41 Wh Li-ion

Dimensions

34.54 x 24.15 x 2.39 cm

Weight

1.94 kg

Kesimpulan

Tampil sederhana, baik dari segi desain maupun antarmuka, performa yang disuguhkan HP 14-BW017AU terbilang baik.

HP 14-BW017AU adalah salah satu notebook mumpuni yang tepat untuk mereka, para pekerja mobile atau pelajar dan mahasiswa yang menginginkan notebook dengan desain dan spesifikasi yang mencukupi.

Fokus untuk kebutuhan kantoran, HP 14-BW017AU bisa menjadi rekan kerja jurnalis yang harus selalu update dalam memberikan berita terkini.

Harganya cukup terjangkau, laptop ini bahkan bisa digunakan untuk bermain game dengan catatan perlu setingan khusus untuk berjalan lancar.

Komentar

x