Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 15 Agustus 2018 | 06:48 WIB

Asian Games 2018 di Jakarta, Telkomsel Siapkan 5G

Oleh : Ibnu Naufal | Sabtu, 12 Mei 2018 | 11:11 WIB
Asian Games 2018 di Jakarta, Telkomsel Siapkan 5G
Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah - (Foto: istimewa)

INILAHCOM, Mataram - Telkomsel rencananya bakal mulai memperkenalkan teknologi 5G di masyarakat. Ajang Asian Games 2018 yang akan di gelar di Kota Jakarta dipilih sebagai tempat yang tepat untuk memulainya.

Hal ini diungkap oleh Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah saat Media Gathering Telkomsel 2018 di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Jumat (11/5/2018).

"Rencananya kami akan melakukan demo di GBK saat Asian Games 2018 nanti. Jadi masyarakat bisa merasakan sendiri manfaatnya," Ririek menjelaskan.

Lebih lanjut, dia mengakui Telkomsel telah melakukan uji coba 5G di laboratorium mereka dan diklaim berhasil capai kecepatan 1GB per detik.

Meski demikian, Ririek belum bisa memastikan kapan perusahaannya akan menggelar teknologi 5G secara komersil. Yang jelas, masih banyak tantangan yang harus dilewati, tidak hanya bagi Telkomsel tapi juga penyelenggara telekomunikasi yang tertarik 5G.

Menurutnya ideal 5G menggunakan frekuensi 3,5MHz namun itu kebanyakan masih dipakai untuk penggunaan satelit. Sementara juga 2,8MHz dianggap belum cocok untuk negara tropis seperti Indonesia.

"Selain itu spektrum yang tersedia di Indonesia saat ini juga masih tergolong kecil dibandingkan negara lain," jelas Ririek.

Telkomsel sendiri memprediksikan bahwa layanan 5G bisa komersial di Indonesia itu sekitar setengah windu kemudian, atau sekitar 4 tahun dari sekarang, yakni 2021.

Komentar

Embed Widget

x