Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 24 Mei 2018 | 16:57 WIB
 

Jelang Ramadan, Trafik Situs E-Commerce Naik

Oleh : - | Sabtu, 12 Mei 2018 | 20:20 WIB
Jelang Ramadan, Trafik Situs E-Commerce Naik
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Setiap tahunnya, konsumsi belanja masyarakat Indonesia menjelang Ramadan selalu merangkak naik.

Menurut data dari SimilarWeb, menjelang Ramadan, terjadi peningkatan trafik sebesar 5-10 persen pada situs e-commerce, seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan Blibli. Namun, trafik justru stabil selama bulan Ramadan.

Co-founder dan Country Head of ShopBack Indonesia Yonathan menduga, tahun ini, belanja online akan naik dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Trafik ShopBack sendiri mengalami peningkatan hingga 10 persen menjelang bulan puasa.

"Pergeseran pola perilaku belanja masyarakat ke digital merupakan salah satu faktor penyebab peningkatan transaksi belanja di platform e-commerce. Berdasarkan data terbaru dari Accenture, hampir setengah (43,7 persen) dari pengguna internet Indonesia merupakan pembeli digital," kata Yonathan.

ShopBack juga melakukan studi pada perilaku belanja masyarakat selama Ramadan di Indonesia dan Malaysia pada tahun lalu. Menurut data tersebut, diketahui bahwa trafik di kedua negara tersebut melonjak hingga 104 persen di Malaysia dan 102 persen di Indonesia pada pekan pertama Ramadan.

Pada pekan ketiga, trafik naik 142 persen di Indonesia, meski trafik lalu turun hingga 56 persen pada pekan terakhir. Selama Ramadan, trafik biasanya mengalami peningkatan dua kali dalam sehari, yaitu pada pukul 10.00-11.00 WIB dan 16.00-17.00 WIB.

Barang yang biasa dibeli oleh masyarakat Indonesia adalah produk fesyen, kebutuhan sehari-hari, juga mainan dan game. Menariknya, meski volume transaksi naik, nilai pembelian dari setiap transaksi tidak berbuah. Rata-rata, masyarakat Indonesia menghabiskan Rp687.726,56.

Menurut data dari Accenture, 74,1 persen pembeli digital Indonesia mengatakan bahwa harga murah dan diskon murah mendorong perilaku impulsif untuk melakukan pembelian digital.

Komentar

 
Embed Widget

x