Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 15 Agustus 2018 | 02:06 WIB

Desain Nintendo Switch Dianggap Menjiplak

Oleh : - | Selasa, 8 Mei 2018 | 10:10 WIB
Desain Nintendo Switch Dianggap Menjiplak
(Foto: polygon)

INILAHCOM, Tokyo - Dengan desain yang dianggap cerdas dan inovatif, Switch mampu menjadi perangkat Nintendo yang berhasil melambungkan kembali perusahaan legendaris tersebut ke dunia game modern. Meski demikian, ternyata ada pihak yang merasa konsep desain Switch itu merupakan hasil jiplakan.

Mengutip Polygon, perusahaan pembuat konsol Gamevice mengajukan tuntutan kepada Nintendo karena merasa Nintendo menjiplak konsep konsol mereka termasuk desain controller Joy-Con.

Dilaporkan bahwa tuntutan tersebut sudah diajukan kepada Komisi Perdagangan Internasional AS atau International Trade Commision (ITC). Pihak ITC pun telah menindaklanjutinya dengan melakukan investigasi terhadap tuntutan mengenai 'konsol game portabel dengan controller melekat'.

Diketahui bahwa pada tahun 2015, Gamevice merilis handheld console yang memiliki controller yang mendukung smartphone atau tablet buatan Apple dan Samsung. Desain tersebut memang terbilang mirip dengan Joy-Con milik Nintendo Switch.

Kemudian pada Agustus 2017, Gamevice mengajukan gugatan saat Nintendo memperkenalkan Switch di akhir 2016. Meskipun begitu, sejauh ini belum ada tanggapan dari Nintendo atas gugatan tersebut.

Seperti yang diketahui bahwa pada awal 2018, Nintendo Switch berhasil menyalip angka penjualan konsol PS2 di Jepang untuk periode satu tahun, sehingga membuat Switch menjadi konsol yang lebih laku terjual selama satu tahun dibandingkan PS2 di Jepang.

Meskipun kepopuleran Nintendo Switch sudah cukup panjang, hingga saat ini pihak Nintendo mengakui belum memiliki keinginan untuk memperkenalkan seri terbaru dari Switch yang sudah diperkenalkan sejak akhir 2016. Alasannya, masih banyak yang bisa dikembangkan dari konsol tersebut.

Komentar

x